Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mempercepat Koneksi Wifi di PC atau Laptop

Cara Mudah Mempercepat Jaringan / Koneksi WiFi Untuk PC dan Laptop Anda

Jaringan internet yang cepat adalah impian bagi setiap orang yang kesehariannya di depan komputer atau laptop, setiap hari menghabiskan waktu berjam-jam dengan menggunakan internet. Tetapi jika internet atau wifi yang digunakan memiliki kecepatan yang lambat, kita perlu memperbaikinya agar internet wifi kembali cepat di pc atau laptop. Ada beberapa faktor penyebab koneksi wifi lambat, seperti paket yang anda gunakan memang terbatas, atau ada beberapa faktor yang mempengaruhi koneksi wifi anda. Apa saja faktor yang memperlambat koneksi wifi di pc dan di laptop? berikut ini akan kita bahas, dan bagaimana cara mempercepat koneksi wifi di pc atau di laptop.

Untuk mendapatkan aksese kecepatan wifi di pc atau laptop kita dapat memaksimalkannya dengan beberapa settingan yang memungkinkan koneksi internet wifi menjadi lebih cepat dan juga stabil. Wifi sendiri merupakan kependekan dari wirelles fidelity, merupakan jaringan internet tanpa kabel yang dapat diakses oleh beberapa perangkat seperti PC, Laptop, Android, dan masih banyak lagi, yang dapat terhubung melalui alamat IP yang didaftarkan. 

Baca Juga:

Tentunya anda tidak ingin pekerjaan atau saat belajar terhambat karna koneksi internet dengan WiFi yang lambat, pastikan PC atau Laptop anda terhindar dari malware yang mendownload file-file yang tidak diinginkan. Beberapa faktor lainnya sering ditemukan adalah jaringan WiFi yang didapatkan tidak terlalu kuat. Untuk lebih jelasnya kita bahas di artikel ini.

Cara Mempercepat Koneksi WiFi di PC atau Laptop dengan Mudah

Cara agar wifi cepat

Untuk mempercepat koneksi wifi di perangkat komputer atau laptop anda, sangat mudah dilakukan. Anda harus mengikuti point-point atau langkah-langkah dibawah ini agar memaksimalkan kecepatan wifi dan menjadi lebih stabil. Dengan beberapa pengaturan di dalam laptop atau PC anda, dan juga pendukung lainnya. Untuk membantu menjaga produktivitas anda saat internetan, simak langkah-langkahnya berikut ini.

Pilih Tempat dengan Sinyal WiFi Yang Kuat 

Hal pertama yang harus anda perhatikan untuk mempercepat koneksi wifi adalah memastikan komputer atau laptop anda mendapatkan sinyal wifi yang full dan uptimal. Dimana tempat yang tepat? tempat yang tepat untuk mendapatkan sinyal wifi yang kuat dan full adalah dekat dengan router disimpan, tanda wifi anda mendapatkan sinyal yang kuat adalah baris wifi penuh. Karna lokasi wifi meruapakan salah satu hal yang penting dan jadi faktor penentu kecepatan koneksi wifi anda. 

Walaupun kecepatan internet anda cepat tetapi sinyal wifi yang didapatkan sedikit, jaringan wifi atau koneksi internet anda akan lambat. Hindari meletakan Router di tempat-tempat yang terhalang tembok dan juga besi, anda bisa menggunakan repeater, atau alat yang berfungsi untuk mengkap sinyal wifi agar lebih maksimal. Jauhi perlatan-peralatan-peralatan yang menggunakan sinyal Bluetooth atau microwave baik dari router maupun pc, sinyal dan peralatan-peralatan tersebut bisa menganggu kinerja sinyal wifi yang konek ke pc atau laptop anda.

Cek Arah Posisi Antena Router

Router Wifi

Posisi antena router dapat menentukan kecepatan internet atau kecepatan wifi anda, untuk itu pastikan antena router anda dalam keadaan berdiri keatas. Karna dengan posisi ini router akan bekerja lebih baik dalam melancarkan sinyal internet ke setiap ruangan dan juga berbagai perangkat yang anda gunakan termasuk pc dan laptop anda.  

Jika posisi antena router anda kesamping dan tidak keatas, silahkan arahkan keatas dan bedakan perbandingan kecepatan wifinya. Jika koneksi wifi atau internet anda masih terhambat mungkin masalah bukan dari routernya, tetapi kemungkinan besar internet memang lemot dari penyedia layanan internet itu sendiri.

Perikasa Kekuatan Sinyal WiFi

Untuk memerika kekuatan sinyal wifi yang dipancarkan router anda bisa menggunakan beberapa software khusus untuk cek kekuatan sinyal wifi dengan menggunakan software seperti NetSpot, Wireshark, Amped, Cloudcheck, dan lainnya.

Dibuthkan sinyal wifi di kisaran -60 decibel-milliwatts (dBm) hingga lebih -50 dBm atau di atasnya. Jika dibawah -70 dBm, sinyal yang dipancarkan artinya telalu lemah dan tak mampu memberikan koneksi internet yang baik.

Cara Mempercepat Wifi Dengan CMD 

Langkah terakhir anda bisa mencoba menggunakan cara ping ke google untuk melihat kecepatan wifi agar lebih optimal dan semakin cepat, caranya:
  1. Buka CMD dengan menekan Windows + R pada keyboard lau ketikan cmd. Atau bisa membukanya di Start menu lalu CMD.
  2. Jalankan perintah ping google.com -t lalu tekan enter.

    ping google

  3. Lakukan langkah-langkah yang sama jika anda melakukan restart pada pc atau laptop.
Itulah beberapa cara untuk mempercepat koneksi wifi untuk pc atau laptop anda, semoga membantu. Jika anda ada masukan silahkan komentar pada postingan ini, terimakasih. 

2 komentar untuk "Cara Mempercepat Koneksi Wifi di PC atau Laptop"

  1. Saya mau masuk dan syg ingin bobol wifi secara lansung

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanyakan kepada tetangga anda passwordnya :D

      Hapus