Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Sinyal Lemah dan Cara Mengatasinya

Sinyal lemah memang sangatlah mengganggu apalagi ketika sedang mengerjakan hal penting. Sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan sinyal ponsel  melemah, bisa dari faktor dalam ponsel atau karena cuaca. dan terkadang Modem Sering Disconnect Sendiri.  Lalu, apa saja hal penyebab sinyal lemah dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan berikut ini.

cara mengatasi sinyal lag


Penyebab Sinyal Lemah dan Cara Mengatasinya

Sebelum kepada cara mengatasi sinyal lemah pada ponsel, terlebih dahulu Anda harus tahu apa saja hal yang menyebabkan sinyal menjadi lemah.  Hal yang bisa menjadikan sinyal lemah biasanya yaitu Anda berada di tempat diluar jangkauan jaringan. Di beberapa tempat tertentu seperti di pegunungan menjadikan sinyal lemah atau lambat.

Selain itu, di dalam rumah pun atau di tempat ramai  juga terkadang menjadikan sinyal ponsel/ wifi menjadi lemah dan lambat karena banyaknya pengguna dalam satu tempat. Ketika hal itu terjadi, Anda bisa keluar ruangan dan mengecek apakah sinyal kembali naik, jika tidak mungkin pengaturan ponsel Anda yang salah. Kesalahan setting APN juga bisa menjadikan sinyal ponsel lemah.

Yang terakhir jangan lupa cek paket kuota Anda karena bisa jadi melemahnya sinyal disebabkan ketika Anda telah melewati batas kuota internet unlimited Anda atau kuota Anda kan habis. Faktor cuaca seperti hujan juga kadang ikut mempengaruhi keadaan sinyal Anda.

Cara Mengatasi Sinyal Lemah

Ketika Anda sudah mengetahui apa saja penyebab sinyal jelek, Anda bisa mencoba cek sendiri mana yang kiranya menyebabkan sinyal lemah. Setelah itu, Anda bisa coba cara cara berikut ini untuk membantu mengatasi sinyal lemah pada ponsel Anda.

  • Beralih Mode Pesawat Sementara

Untuk cara yang pertama jika sinyal menjadi lemah atau jelek, Anda bisa coba turn on mode pesawat sebentar kemudian turn off mode tersebut. Anda bisa tunggu sebentar sebelum mematikan mode pesawat tersebut. Cara ini biasanya bisa memperbaiki sinyal menjadi lebih baik.

  • Restart Ponsel

Cara ini menjadi cara andalan untuk mengatasi sinyal ponsel yang lemah. Selain dapat mengembalikan kecepatan sinyal, dengan merestart ponsel juga bisa mengatasi beberapa masalah dalam smartphone Anda. Silahkan Anda restart ponsel Anda atau matikan sejenak kemudian dihidupkan kembali.

  • Ganti Provider Kartu

Lokasi biasanya menentukan provider kartu mana yang kuat karena tidak di semua lokasi, sinyal kartu akan berjalan normal. Anda bisa menyesuaikan kartu mana yang biasanya dipakai di lokasi tempat Anda tinggal. Jika sinyal Anda lemah, maka Anda bisa mengganti provider kartu Anda dengan kartu yang dipakai oleh warga setempat.

  • Atur Jaringan

Anda bisa cek kembali setting jaringan seluler Anda karena bisa jadi Anda belum mengubahnya. Jika ternyata setting masih pada 2G, Anda bisa mengubahnya menjadi 3G atau 4G only. Kecepatan sinyal ponsel sangat dipengaruhi oleh pengaturan jaringan Anda. Anda juga bisa menggunakan aplikasi penguat sinyal hp untuk menstabilkan koneksi internet Anda.

  • Hubungi Customer Service

Ketika semua cara telah Anda lakukan dan tidak ada perubahan pada sinyal Anda, maka Anda bisa menghubungi customer service operator. Mereka akan segera memberikan solusi pada masalah kerusakan sinyal hp lemah Anda.

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan sinyal menjadi lemah, baik dari faktor luar maupun faktor dari dalam ponsel atau perangkat yang Anda gunakan. Dengan mengetahui penyebab sinyal lemah dan cara mengatasinya, Anda bisa mencoba menggunakan cara tersebut untuk meningkatkan sinyal Anda. Anda juga bisa menghubungi customer service jika memang diperlukan.

Posting Komentar untuk "Penyebab Sinyal Lemah dan Cara Mengatasinya"