Cara Memasang WiFi di Rumah dan Biayanya

cara memasang wifi


Expansi internet di Indonesia saat ini sudah semakin luas. Kebutuhan akan internet yang semakin besar, membuat layanan WiFi mulai banyak di lirik. Jika tertarik, Anda bisa menyimak cara memasang WiFi di rumah sebagai referensi.

Meski WiFi hanya bisa diakses di rumah, layanan ini cukup andal untuk memenuhi kebutuhan internet. Dengan WiFi, bisa ada lebih banyak perangkat yang terkoneksi ke internet. Selain itu, kecepatan akses internet menggunakan WiFi biasanya juga lebih cepat.

Biaya pasang WiFi hotspot dan biaya langganannya, jika dihitung secara terperinci, akan lebih murah dibanding dengan membeli kuota paket data. Ada beberapa jenis platform yang bisa memberikan jaringan WiFi. Berikut ulasan tentang platform WiFi, cara pemasangan dan juga biayanya.

Menggunakan Modem WiFi (MiFi)

Ini adalah cara paling mudah. Anda hanya perlu membeli modemnya, membeli paket internet, kemudian bisa langsung diaktifkan dan digunakan sebagai pemancar WiFi. MiFi biasanya dibatasi jumlah perangkat yang bisa terhubung.  Beberapa modem MiFi yang cukup populer adalah:

  • MiFi Telkomsel. Harga modemnya sekitar Rp. 399.000. Ada beberapa paket internet mulai dari Rp. 75.000, Anda akan mendapat kuota 10 GB per bulan. 
  • MiFi XL Home Wireless. Harga modemnya adalah Rp. 999.000,-. Pembelian modem akan mendapatkan bonus kuota internet 240GB per 2 bulan pertama. Bulan selanjutnya, Anda harus berlangganan lagi dengan harga Rp. 75.000,- berisi kuota internet  17 GB per bulan.
  • MiFi Smartfren. Ada banyak jenis modem yang ditawarkan, harga modemnya dimulai dari Rp. 339.000,- sampai Rp. 1.200.000,-. Ada beberapa paket internet yang ditawarkan, harganya mulai dari Rp. 10.000,- sampai Rp. 1.000.000,- tergantung besar kuota internet.

Kelebihan dari alat ini adalah kepraktisan. Modem MiFi bisa Anda bawa kemana-mana. Dengan kata lain, Anda bisa mendapatkan jaringan WiFi tak hanya di rumah namun juga di luar rumah.

Menggunakan Jasa Provider Internet Rumahan

Di Indonesia sendiri ada kurang lebih 7 provider yang menyediakan jasa berlangganan internet rumah. Anda bisa memilih provider yang jaringannya sampai ke rumah Anda.
Beberapa provider yang cukup populer diantaranya adalah:

  • First Media. Biaya instalasi pertama adalah Rp. 200.000,-. Untuk biaya berlangganannya adalah Rp. 361.000,- per bulan, dengan kecepatan internet hingga 15 Mbps.
  • Indihome. Biaya pasang Indihome adalah Rp. 125.000,-. Dalam waktu-waktu tertentu biasanya ada promo pemasangan gratis. Untuk biaya berlangganan adalah Rp. 250.000,- per bulan, dengan kecepatan internet hingga 10 Mbps.
  • Biznet Home. Biaya instalasi cukup mahal, yaitu Rp. 750.000,- dan sewa perangkat Rp. 900.000,-. Namun setelahnya, Anda bisa merasakan kecepatan internet hingga 75 Mbps hanya dengan biaya langganan Rp. 325.000,- per bulan.
  • XL Home. Biaya instalasinya gratis. Untuk biaya berlangganan bulanan adalah Rp. 349.000,-. Kecepatan internet yang didapatkan bisa mencapai 100 Mbps.

Berikut prosedur cara pasang WiFi dirumah tanpa kabel telepon yang umum diberlakukan:

  • Siapkan kartu identitas baik KTP, SIM, maupun Passport. 
  • Datang ke kantor provider internet rumahan pilihan Anda. 
  • Isi formulir dan serahkan dokumen yang dibutuhkan. Tentukan paket internet rumahan yang ingin digunakan. 
  • Biasanya Anda akan diminta membayar tagihan pemasangan atau biaya administrasi. Hal ini menyesuaikan kebijakan dari provider penyedia layanan internet rumahan yang Anda pilih. 
  • Setelah semua langkah diatas dipenuhi, petugas akan datang ke rumah dan melakukan instalasi. 

Internet sekarang sudah menjadi kebutuhan. Anda bisa berlangganan WiFi untuk bisa mendapatkan jaringan internet yang lebih handal. Dengan sedikit ulasan mengenai cara memasang WiFi di Rumah, semoga memberi wawasan baru bagi Anda yang tertarik mulai memasang WiFi di rumah.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memasang WiFi di Rumah dan Biayanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel