Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Teknik Komputer Jaringan Dasar Linux

kabel lan

Jika anda seorang siswa smk jurusan teknik komputer jaringan, anda perlu mempelajari beberapa distro yang sering dipakai oleh seorang admin networking seperti debian dan ubuntu. Karna siswa tkj biasanya harus menguasai sistem operasi linux mulai dari perintah dasar di terminal sampai dapat mengkonfigurasi jaringan menjadi kebutuhan yang diperlukan. Pada dasarnya seorang siswa yang baru masuk ke jurusan tkj harus bisa menginstall sistem operasi Windows dan merakit komputer, tetapi setiap sekolah berbeda-beda ada yang lebih mendalami mikrotik ada juga yang lebih mendalami cisco bahkan linux sekalipun.

Berbicara tentang debian pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi tentang apa yang harus anda lakukan jika masuk teknik komputer jaringan. Ubuntu dan debian saat ini banyak dipelajari oleh siswa tkj karna distro ini selalu melakukan update setiap tahunnya selain itu sudah populer di indonesia dan banyak penggunanya. Inilah beberapa konfigurasi yang harus anda pelajari jika masuk tkj.

1. Perintah Dasar Linux

Perintah dasar linux perlu anda pelajari karna jika anda menggunakan distro yang ada di linux setiap konfigurasinya perlu menjalankan perintah, perintah tersebut wajib diketahui. Kenapa penting? anda akan menginstall software di linux tidak akan sama dengan menginstall software di Windows. Beberapa aplikasi di linux perlu diinstal melalui terminal tidak hanya itu menggunakan linux sebagai seorang admin networking harus mendalami linux seperti mengetahui tentang konfigurasi linux untuk beberapa kepentingan.

2. Setting IP Address Static di Ubuntu

Anda harus bisa mengubah ip address distro ubuntu, untuk konfigurasi kelanjutan nantinya seperti DNS, mail server dll. Perbedaan antara ip address yang di dapat dari dhcp dan static tentunya berbeda, ip address static perlu di pasang secara manual. Komputer yang sudah diinstal ubuntu saat ingin belajar tkj akan digunakan sebagai komputer belajar seperti memasang VirtualBox maka dari itu perlu mengetahui cara setting ip address static agar server dan klien dapat saling terhung dengan satu jaringan yang sama.

3. Cara Konfigurasi DHCP di Ubuntu

Yang berikutnya adalah lanjutan dari konfigurasi ip address static adalah konfigurasi ip address dhcp atau mendapatkan ip address secara otomatis. Anda tidak perlu lagi melakukan setting ip address secara manual jika sudah mengkonfigurasi DHCP, hal ini perlu dipelajari karna sama pentingnya. 

4. Cara Instalasi dan Konfigurasi DNS Server di Debian

Yang tidak kalah pentingnya berikutnya adalah konfigurasi DNS, menjadikan alamat ip address ke nama domain untuk konfigurasi web server dan juga mail server. Konfigurasi dns banyak diperlukan untuk menjalankan konfigurasi yang lainnya seperti mail server dan masih banyak lagi.

Kesuksesan seorang siswa tkj dalam melakukan konfigurasi dns adalah bisa melakukan ping ke server dns dan menjalankan web server serta mail server.

5. Cara Konfigurasi Mail Server di Debian Linux

Terakhir anda harus bisa mengkonfigurasi mail server mengirim kontak surat secara online malalui mail dari klien satu ke klien lainnya. Server yang ingin diinstal mail server harus melewati beberapa tahap, seperti konfigurasi dns dan menginstall aplikasi tambahan lalu mengkonfigurasinya.

Itulah beberapa hal penting yang bisa saya bagikan pada artikel pertama ini, semoga membantu teman-teman semua. Mohon maaf jika ada salah kata terimakasih.

Posting Komentar untuk "Belajar Teknik Komputer Jaringan Dasar Linux"