Cara Konfigurasi DHCP di Ubuntu Server (Lengkap)

topologi dhcp server

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah layanan yang memberikan IP dalam satu jaringan lokal secara otomatis dari server kepada client, semua client yang terhubung di jaringan akan mendapatkan pengalokasian alamat IP otomatis dari server DHCP. Pada artikel kali ini kita akan melakukan konfigurasi DHCP server di Ubuntu Server, anda bisa menggunakan VirtualBox sebagai program virtualisasi untuk belajar membuat jaringan DHCP. Selain itu anda bisa menginstall Client menggunakan Windows XP/7/10 untuk percobaan kali ini.

Jika anda menggunakan VirtualBox ubah pengaturan Adapter1 Ubuntu Server dan client ke Internal Network:


Dalam jaringan server bertugas melayani setiap komputer client yang terhubung di satu jaringan, cara jerja dhcp terbagi menjadi 4 tahapan berikut ini penjelasannya:

Tahap 1: IP Least Request
Tahapan ini adalah tahapan pertama dimana komputer client dalam jaringan meminta IP kepada DHCP Server, client akan mencari apakah ada layanan DHCP yang bekerja pada jaringan tersebut setelah ditemukan client akan meminta IP Address pada DHCP server yang ada.

Tahap 2: IP Least Offer
DHCP server memberikan penawaran terhadap komputer client berupa ip address.

Tahap 3: IP Lease Selection
Setelah melewati tahapan pertama sampai kedua client akan menyetujui penawaran yang diberikan oleh DHCP server dan client memberikan pesan kepada server untuk meminjamkan alamat ip address yang tersedia di dalam DHCP pool.

Tahap 4: IP Least Acknowledge 
Tahap terakhir DHCP server akan memberikan acknowledget kepada client seperti IP Address dan informasi lainnya yang dibutuhkan tergantung konfigurasi yang telah diatur pada DHCP server. \

Langkah - Langkah DHCP Di Ubuntu Server

Komputer yang dikonfigurasikan sebagai client tida bisa memiliki kendali untuk mengatur informasi yang diterima dari server. Pengaturan paling umum yang ada di server dhcp untuk client adalah Alamat IP, netmask, default gateway, server dns. Properti konfigurasi yang disediakan DHCP server:
  • Nama host
  • Nama domain
  • Server Waktu
  • Print Server

1. Instalasi DHCP Server 

Secara default Ubuntu Server sebenarnya sudah ada saat melakukan penginstalan, jika anda menandainya anda tidak perlu lagi menginstalnya. Tapi jika belum anda bisa menginstalnya secara manual di CLI Ubuntu Server dengan mengetik perintah "apt-get install isc-dhcp-server" tekan y lalu enter.

install dhcp server ubuntu

2. Konfigurasi DHCP Server

Langkah selanjutnya setelah install dhcp server yaitu konfigurasi DHCP dan setting beberapa data yang ada di isc-dhcp-server. Ketik perintah "nano /etc/default/isc-dhcp-server" lalu pada bagian paling bawah pada interfaces masukan eth0, sesuaikan dengan eth anda. Selesai simpan tekan Ctrl + O lalu Ctrl + X.

# On what interfaces should the DHCP server (dhcpd) serve DHCP requests?
#       Separate multiple interfaces with spaces, e.g. "eth0 eth1".
INTERFACES="eth0"

cara setting dhcp server

Setelah itu masuk ke dhcp.conf dengan mengetik perintah "nano /etc/dhcp/dhcpd.conf" disini akan diatur penentuan IP DHCP dan range IP yang akan digunakan untuk client. Lalu cari baris yang ada pada gambar dibawah hilangkan pagar # untuk mengaktifkan konfigurasi ubah informasi sesuai yang anda inginkan untuk komputer client anda.

konfigurasi dhcp server

#A slightly different configuration for an internal subnet.
subnet 192.168.100.0 netmask 255.255.255.0 {
  range 192.168.100.2 192.168.100.10;
  option domain-name-servers www.mangladatech.com;
  option domain-name "www.mangladatech.com";
  option routers 192.168.100.1;
  option broadcast-address 192.168.100.255;
  default-lease-time 600;
  max-lease-time 7200;
}

Simpan Ctrl + O lalu Ctrl + X.

Ubah interfaces ketik perintah "nano /etc/network/interfaces" ubah informasi dhcp ke static seperti dibawah ini. Jika anda membaca artikel sebelumnya tentang Cara Setting IP Address Static di Ubuntu Server kali ini hampir sama.

# This file describes the network interfaces available on your system
# and how to activate them. For more information, see interfaces(5).

# The loopback network interface
auto lo
iface lo inet loopback

# The primary network interface
auto eth0
iface eth0 inet static
        address 192.168.100.1
        netmask 255.255.255.0
        network 192.168.10.0

interfaces

Simpan Ctrl + O lalu Ctrl + X.

Restart Jaringan

Restart jaringan agar konfigurasi yang telah dibuat berubah ketik perintah "service networking restart" lalu "/etc/init.d/networking restart" jalankan ulang dhcp "/etc/init.d/isc-dhcp-server restart" selesai. Cek di client ubah pengaturan menjadi DHCP lihat apakah client sudah mendapatkan IP Address dari DHCP Server atau belum. Jika gagal saat merestart jaringan Ubuntu Server mulai ulang saja mesinnya, ketik perintah "reboot". 

Terakhir lakukan ping dari client kepada server untuk mencoba hasil akhir dari konfigurasi ini.

ping

dhcp client

Kesimpulan

Gambar diatas membuktikan konfigurasi sesuai dan berhasil mendapatkan IP dari client, bagaimana dengan anda? yuk ikuti langkah demi langkah diatas untuk mendalami dunia Jaringan Komputer terutama pada materi kali ini yaitu tentang Konfigurasi DHCP Server di Ubuntu.

Belum ada Komentar untuk "Cara Konfigurasi DHCP di Ubuntu Server (Lengkap)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel