Cara Konfigurasi DNS Server di Debian

Konfigurasi DNS Server di Debian

Pada kesempatan kali ini kita akan melakukan konfigurasi DNS Server di debian menggunakan virtualbox sebagai sarana belajar untuk yang sedang mendalami dunia komputer jaringan. Sebelum melanjutkan pastikan anda sudah menginstall debian di virtualbox serta client untuk uji coba dns yang sudah dikonfigurasi, disini saya menggunakan Debian 8 bagi yang menggunakan versi lain caranya tidak jauh berbeda.

DNS (Domain Name System) adalah sistem yang menyimpan informasi tentang ip address suatu host lewat host name, singkatnya jika anda membuka suatu situs web anda perlu mengetikan nama domain agar mudah diingat akan sulit jika harus menulis ip address setiap ingin mengakses website.

Baca Juga: Cara Konfigurasi Mail Server di Debian

Setting DNS Server di Debian

Sebelum konfigurasi dns server, kita harus mempersiapkan alat-alat dibawah ini

Alat-Alat:

  • VirtualBox
  • Debian
  • Windows
  • Jaringan Internet
1. Langkah pertama mulai debian yang sudah terinstal di VirtualBox lalu masuk ke user root atau username dan masukan password. Cara berikutnya hampir sama dengan Setting IP Address Static di Ubuntu yaitu dengan cara mamasukan perintah "nano /etc/network/interfaces" untuk mengubah jaringan dhcp ke static dan menambahkan IP Address didalam interfaces. Ubah inet dhcp menjadi inet static dan sesuaikan address, netmask, network, broadcast. 

Setting DNS Server di Debian

Simpan Ctrl + O lalu Ctrl + X

2. Berikutnya restart jaringan ketikan perintah "/etc/init.d/networking restart" jika berhasil seperti gambar dibawah ini. setelah itu cek ifconfig apakah setting ip static sudah berhasil secara permanen. Jika masih belum berubah ketik perintah "reboot" dan masuk kembali ke user lalu cek lagi.



3. Agar lebih akurat coba ping ke ip yang tadi sudah ditambah, ip address saya 192.168.100.7 berikut ini hasilnya.


Install dan Konfigurasi DNS Server

4. Install bind9 ketik perintah "apt-get install bind9" tekan y lalu enter gunakan Debian DVD Binary 1.iso. Jangan lupa masukan dvd iso yang dibutuhkan pada virtualbox di Devices > Optical Drivers > choose disk image bagi yang belum bisa bisa membaca artikel Cara Menambahkan Repository CD/DVD di Debian.

install bind9

Install Bind9 dns server debian

Tunggu sampai proses instalasi bind9 selesai. 

5. Selanjutnya copy data db.local untuk mencegah error saat Setting DNS di debian caranya ketik perintah "cp /etc/bind/db.local /etc/bind/db.original" dan "cp /etc/bind/db.local /etc/bind/db.192" tekan enter.

Setting DNS Server di debian

7. Selanjutnya menambahkan data pada named.local ketik perintah "nano /etc/bind/named.conf.local" seperti gambar dibawah, sesuaikan data informasi ip dan db yang sebelumnya dibuat.


Simpan Ctrl + O lalu Ctrl + X

8. Setelah itu ketik perintah "nano /etc/bind/named.conf.options" di bagian bawah forwarders masukan ip address anda. Simpan Ctrl + O lalu Ctrl + X
setting dns server di debian lengkap

9. Ketik perintah "nano /etc/bind/named.conf.local" ubah seperti gambar dibawah ubah informasi seperti data yang anda inginkan jangan sampai salah mengisi data. 

db local debian

10. Ketik perintah "nano /etc/bind/db.192" sama seperti sebelumnya ubah informasi data domain dan ip anda seperti gambar dibawah. 

dns server debian

11. Restart settingan dns yang tadi sudah ditambah agar berubah, caranya ketik perintah "/etc/init.d/bind9 restart" pastikan restarting bind9 [ok].

restart bind9 debian

12. Selanjutnya jangan sampai di lewati tambahkan nameserver yang mengarah ke domain dan ip address anda. Ketik perintah "nano /etc/resolv.conf" simpan Ctrl + O lalu Ctrl + X.

nama server dns

13. Cek nslookup untuk informasi DNS server yang sudah di setting atau konfigurasi di debian, install dnsutils "apt-get install dnsutils" lalu ketik perintah "nslookup www.mangladatech.com" ganti dengan domain anda jika berhasil akan seperti gambar dibawah ini. 


Konfigurasi DNS server selesai, selanjutnya anda harus mencoba pada client yang sudah diinstal pada virtualbox disini saya menggunakan Windows 7 yang sudah saya setting adapter 1 nya sama dengan debian agar saling terkoneksi.

Buka client Windows anda, masuk ke Network and Internet > Network and Sharing Center > Local Area Connection > Propertis. Klik dua kali Internet Protocol Version 4 (TCP /IPv4) lalu ubah IP address, subnet mask, dengan Preffered DNS server, ip address harus ditambah satu jadi ip address saya adalah 192.168.100.7 pada debian maka di client saya masukan 192.168.100.8 seperti gambar dibawah. Selanjutnya ping ke ip address dan domain pada cmd jika berhasil seperti gambar dibawah ini.

setting dns server di client

test ping dns server

Selesai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel