10 Perintah Dasar Linux Beserta Fungsinya

Linux Basic Command

Linux adalah sistem operasi yang dikenal dengan segala kecanggihannya dan sering dipakai oleh pengguna-pengguna komputer yang ingin mendalami jaringan atau untuk digunakan dalam pekerjaannya sehari-hari. Untuk mengerti Linux lebih dalam anda harus mempelajari Perintah Dasar Linux serta fungsi dari setiap perintah yang ada, seorang pengguna Linux akan sering membuka Terminal terutama untuk versi Server.

Linux Basic Command sebenarnya mudah dipelajari, jika sudah mengerti perintah dasarnya anda akan lebih mudah untuk mengoperasikan setiap pekerjaan melalui Terminal, program yang ingin dipasang di Linux harus melalui perintah apt-get install di Terminal maka dari itu penting untuk dipelajari.

Terminal Linux

Shell merupakan alat berbasis text untuk menghubungkan user dengan sistem Linux. Cara membuka terminal bisa dengan menekan tombol pada Keyboard Ctrl + Alt + T di Ubuntu, atau tekan Alt  + F2.

Terminal Linux

Perintah Dasar Linux

1. pwd 

Saat pertama kali anda membuka Terminal, Anda akan masuk ke direktori home. Perintah pwd akan menunjukan bahwa anda sedang berada di direktori /home/username untuk mengubahnya bisa melihat dengan mengetikan perintah ls

pwd linux

2. ls

ls akan menunjukan direktori yang ada seperti Desktop , Documents, Downloads, Music, Pictures, Public, Videos. Anda bisa masuk ke direktori yang anda inginkan dengan mengetik perintah ls lalu cd nama_direktori_file.

ls - linux

3. cd

cd adalah perintah untuk merubah direktori a ke direktori b sesuai keinginan pengguna untuk menjalankannya anda harus melihat dulu folder yang tersedia dengan ls lalu ubah direktori dengan cd. 

perintah cd

4. mkdir

mkdir berguna untuk membuat folder saat itu juga cara penggunaanya mkdir nama folder, akan otomatis terbuat folder di direktori tersebut.

mkdir folder linux

5. vim

vim digunakan untuk membuka text editor, biasanya jika dilakukan untuk konfigurasi atau mengubah dan menambah data. Contoh "vim /etc/apt/sources.list" disini saya akan mengedit repository yang berada di sources.list.

perintah vim linux
membuka data menggunakan vim linux

6. history

seperti namanya history artinya masa lampau pada Linux perintah ini akan menampilkan riwayat perintah selama pengunaan sebelum dihapus. Jika anda lupa dengan perintah yang pernah di ketik sebelumnya anda bisa mencari menggunakannya kembali.

riwayat terminal linux

7. cat

cat untuk melihat isi data seperti data .txt cara penggunaannya cat namadata.txt. Jangan lupa untuk masuk dulu kedalam folder dataNya. 

cat linux

8. nano

hampir sama dengan vim namun nano digunakan untuk text editor tapi membuka jendela tab baru, kebanyakan orang lebih sering menggunakan nano karna lebih praktis dan mudah digunakan. Contoh nano /home/linux/Documents/data

nano linux

nano buka data linux

9. reboot & shutdown

reboot digunakan untuk memulai ulang mesin dan shutdown untuk menghentikan mesin, cara penggunaannya hanya dengan perintah reboot, jika ingin mematikan mesin shutdown now -h perlu menjadi user root terlebih dahulu.

shutdown linux
SHUT DOWN LINUX

10. tar

tar memiliki fungsi untuk mengumpulkan file atau pengarsipan menjadi satu file dengan format "namadata.tar". Ada beberapa opsi untuk menggunakan perintah tar.
  • -c : Buat arsip.
  • -z : Kompres arsip dengan gzip.
  • -v : Menampilkan kemajuan di terminal saat membuat arsip, juga dikenal sebagai mode "verbose"
tar

Kesimpulan:

Anda tidak perlu menghafal semua perintah linux, tapi hanya beberapa saja sebenarnya sudah bisa dikembangkan sendiri. Ditambah lagi dengan menekan Tab pada keyboard akan menghasilkan auto-complete dan menjalankannya dengan Enter, sebagai contoh cd Doc tekan Tab akan otomatis ke Documents. 

Itulah 10 perintah dasar linux, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "10 Perintah Dasar Linux Beserta Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel