Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)

pengertian smtp - simple mail transfer protocol

Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) adalah standar internet untuk transmisi email yang didefinisikan oleh RFC pada tahun (1982) dan terus berkembang lalu diperbarui pada tahun 2008, dan menjadi protokol yang banyak digunakan secara luas sampai saat ini. Lebih jelasnya (SMPTP) mampu melakukan komunikasi mengirim surat elektoronik sebagai standar internet. SMTP melakukan transfer email ke pengguna berbasis alamat IP Address pada TCP port 25, Post Office Protocol 3 (POP3) mengunduh lalu menyimpan email dari server SMTP menggunakan TCP port 110.

SMTP Digunakan untuk mengirim, menyampaikan, meneruskan pesan dari surat klien, tetapi tidak dapat menerima pesan. Dari sisi lain, IMAP adalah protokol email yang berhungan dengan mengelola dan mengambil pesan email. Simple Mail Transfer Protocol/Port standar 25,587,465.

Cara menemukan nama host SMTP anda? jika anda menggunakan windows anda bisa menggunakan cara berikut:
  1. Buka cmd
  2. Lalu ketik ndlookup dan tekan enter
  3. Ketik set type = MX dan tekan enter
  4. Ketikan nama domain lalu tekan enter, contoh google.com
  5. Hasilnya anda akan menemukan daftar nama host yang diatur untuk SMTP.

Anda dapat melakukan konfigurasi mail server di debian Postfix sebagai server SMTP. Dalam sistem dimana squirrelmail dan SMTP berada di mesin yang sama, mungkin lebih baik untuk mengkonfigurasi squirrelmail untuk menggunakan "sendmail" untuk surat keluar, daripada menggunakan SMTP.

Posting Komentar untuk "Pengertian SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)"