Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Modem Sering Disconnect Sendiri

Cara Memperbaiki/Mengatasi Modem Sering Disconnect Sendiri

Anda pengguna modem gsm atau modam jenis lainnya? sering terjadi disconnect saat sedang terhubung ke internet, hal ini memang menjengkelkan. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan modem disconnect atau terputus sendiri, yang sering kita temui memang karna modem tersebut sudah ada kerusakan dari prangkat keras modem itu sendiri, mungkin karna terkena air, atau kartu yang terpasang pada modem tidak terpasang dengan baik.

Bagaimana kita mengatasi modem sering disconnect sendiri? jika masalahnya karna jaringan buruk atau port bermasalah kita bisa memperbaikinya melalui Device Manager di Windows, tetapi jika karna jaringan dari operatornya sedang bermasalah atau wilayah anda kurang mendapatkan sinyal kita perlu menghubungi service canter kartu tersebut.

Beberapa Penyebab Modem Sering Disconnect Sendiri

Tentu semuanya pasti ada sebab dan akibatnya, modem yang terpasang di laptop atau komputer memiliki bentuk yang kecil membuat kita sering membawanya kemana-mana dan mudah digunakan dalam keadaan apapun. Namun karna ukurannya yang kecil, kita tidak terlalu memperhatikan modem tersebut. Penyebab modem rusak karna tidak sengaja sering terjadi, tersiram air, dalaman modem rusak, modem tidak berfungsi dengan baik. Point - point dibawah ini menjelaskan beberapa masalah yang sering terjadi yang menyebabkan modem sering disconnect sendiri (terputus):

1. Jaringan Buruk

Jangan langsung menuduh modem anda rusak, coba anda ganti kartu selain kartu yang sering disconnect atau terputus. Bisa saja kartu yang sedang anda gunakan memang tidak dapat mengambil sinyal secara kuat di wilayah yang sedang anda tempati, namun ada beberapa pengaruh jaringan buruk seperti karna cuaca dll. Kartu yang populer sering digunakan di modem biasanya Indosat, Axis, Telkomsel, 3. Jaringan buruk sangat mempengaruhi sinyal serta jaringan internet, carilah wilayah yang sekiranya bisa mendapatkan sinyal yang banyak (Full). 

2. Port Bermasalah

Masalah yang sering terjadi berikutnya adalah port bermasalah, port adalah tempat anda menancapkan modem anda. Cara mengatasinya coba pindah modem anda ke port yang lain, jika masih terjadi masalah kita baca point berikutnya. Jika modem disconnect sendiri mungkin saja karna port tersebut error, pindah-pindah adalah langkah utama untuk melakukan pengecekan untuk mengetahui portnya atau masalahnya di tempat lain.

3. Modem Bermasalah 

Modem adalah titik utama jika jaringan anda disconnect sendiri, karna modem yang berkerja hingga anda dapat terhubung ke internet. Modem bermasalah tidak bisa dilihat dari mata kita, kita perlu mengecek atau membawanya ke service canter modem tersebut, namun ada baiknya coba dahulu dikomputer lain.

4. Driver Modem Bermasalah

Terakhir penyebab modem terputus sendiri adalah karna driver yang bermasalah, ini terjadi saat proses penginstalan driver tidak sampai selesai. Bisa juga karna driver terinfeksi virus komputer, lalu saat anti virus aktif, anti virus tersebut menghapus data driver tersebut. Cara mengatasinya coba install ulang driver modemnya, Uninstall terlebih dahulu driver yang sebelumnya dan lihat perubahannya.
install ulang driver modem

Pada gambar dibawah ini adalah contoh saya menginstall driver pada modem HUAWEI, jika anda menggunakan modem jenis lain silahkan install biasanya ada pada My Computer Windows.
Sim card modem tidak terbaca

Berikutnya card atau kartu tidak terpasang dengan baik, modem atau kurang tekan bisa menyebabkan kartu tidak masuk dan mengakibatkan jaringan disconnect sendiri.

Cara Mengatasi Modem yang Disconnect Sendiri

Setelah mengetahui penyebab modem disconnect sendiri, selanjunya kita perbaiki melalui Universal Serial Bus controllers di Windows, disini saya menggunakan modem HUAWEI. Silahkan pasang modem anda ke port laptop atau komputer setelah itu.

Buka Control Panel > Hardware and Sound > Device Manager > Universal Serial Bus controllers, lihat pada bagian HUAWEI Mobile Connect klik kanan lalu disable lalukan hal yang sama pada USB Mass Store Device. Sesuaikan dengan nama modem masing-masing, jika masalah masih terjadi unable kembali.

buka device manager untuk memperbaiki modem disconnect sendiri

Memperbaiki modem di Univversal Serial Bus controllers

Masih disconnect sendiri? coba lakukan ping ke alamat ip address modem anda dan juga ke google.com, caranya buka cmd lalu jalankan ping google.com -t dan juga ping alamatipaddressmodemanda -t

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Modem Sering Disconnect Sendiri"