Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install dan Menggunakan VPN dan OpenVPN di Linux

VPN Linux

VPN (Virtual Private Network) adalah sebuah cara aman untuk mengakses local area network yang berbeda pada jangkauan tertentu, dengan menggunakan VPN memungkinkan komputer untuk terhubung ke jaringan pribadi melalui internet. Dan bertukar data dengan komputer lainnya di jaringan yang aman, karna transmisi data paket menjadi pribadi.

Fungsi lain dari VPN keamanan dalam berkomunikasi dan bertukar data lebih terjaga karna tidak akan ada penyusup ke lalu lintas jaringan kita yang tidak semestinya. Selain itu VPN sering digunakan oleh orang untuk membuka situs-situs yang di blok oleh negara karna tidak bisa diakses dan muncul "Internet Positif". Disini kita akan menggunakan VPN dengan semestinya dan digunakan untuk hal yang baik.

Banyak sekali pengguna Sistem Operasi Windows yang tau cara bagaimana menggunakan VPN di komputernya, namun bagi pengguna Linux tentunya caranya berbeda. Jadi biarkanlah saya memberikan tutorial cara menggunakan VPN di Linux atau distro lainnya seperti Ubuntu, Linux Mint, dll. Disini juga saya akan menjelaskan cara menggunakan OpenVPN.

Cara Install OpenVPN

1. Untuk menggunakan OpenVPN kita harus menyiapkan terlebih dahulu software OpenVPN anda bisa mendownloadnya di situs openvpn.net di situs tersebut banyak pilihan, anda bisa mendownload yang "SOURCE TARBALL (XZ) openvpn-2.4.8.tar.xz" setelah di download silahkan di extract.

Extract Open VPN Linux

2. Masuk kedirektory OpenVPN tadi saya menyimpannya dan mengextractnya di Downloads, buka terminal Ctrl + Alt + T lalu masuk sebagai root, disini kita akan konfigurasi VPN lalu ketikan perintah dibawah ini:

sudo su
cd Downloads/openvpn-2.4.8
./configure

open vpn install linux

Saat menjalankan perintah ./configure pastikan tidak terjadi error, jika terjadi error yang harus anda lakukan adalah menjalankan perintah dibawah ini agar tidak error:

apt-get install libssl-dev  liblzo2-dev libpam0g-dev build-essential -y

3. Setelah ./configure selesai jelankan perintah:

make
make install

Cara Mudah Install OpenVPN

Cara paling mudah untuk menginstall OpenVPN adalah dengan menjalankan perintah instalasi di terminal, tentunya ini tidak akan memakan waktu yang lama bagi anda. Caranya buka Terminal jalankan perintah "apt install openvpn"

install open vpn linux

Cara Menggunakan OpenVPN

1. Pertama-tama kunjungi situs tcpvpn.com untuk mendapatkan akses akun gratis openVPN silahkan pilih server sesuai keinganan anda, disini saya memilih Select VPN Asia. Lalu saya memilih Server SG alias singapore lalu pilih Download config (.ovpn) lebih mudahnya langsung ke alamat bagian server singapore disini.  Setelah download klik "Create Username and Password" anda akan mendapatkan akun VPN gratis selama 7 hari. Buatlah User dan Password sesuai keinginan anda.

buat akun vpn server

2. Setelah download klik Create Username and Password, disini anda akan mendapatkan akun VPN gratis selama 7 hari. Buatlah User dan Password sesuai keinginan anda. Jika berhasil tampilannya akan seperti gambar dibawah ini:

membuat akun openvpn gratis
Langkah 1

membuat akun openvpn gratis berhasil linux
Langkah 2
3. Berikutnya extract file config .ovpn tadi kemudian buka terminal dan masuk ke direktori file .ovpn tadi disimpan:

cd Downloads/
openvpn sggs2-tcpvpn.com-443.ovpn

nama file bisa diubah contoh openvpn nama_config file. Kemudian masukan Username dan Password yang sudah anda buat tadi.

4. Tunggu sampai muncul "Initialization Sequence Completed".

openvpn

5. Jika sudah berhenti OpenVPN sudah bisa digunakan namun VPN sudah terkoneksi tetapi tidak berkerja karna IP belum diganti silahkan ganti dengan menjalankan perintah ini:

nano /etc/resolv.conf

nameserver resolv linux


Lalu ubah nama servernya menjadi ini

nameserver 8.8.8.8
nameserver 8.8.4.4


Menggunakan VPN di Linux

1. Anda harus mendownload PPT Server saya memilih server yang sama download disini klik bagian tab PPT VPN, lalu buat Username dan Password seperti langkah sebelumnya. Dibawah ini saya sudah membuat akun VPN versi PPT.

Buat Akun PPT VPN 1
Buat Akun PPT VPN 1
Buat Akun PPT VPN 1
Buat Akun PPT VPN 1





2. Cara menggunakan VPN langsung dipengaturan, caranya buka pengaturan distro Linux anda masuk ke Settings > Network > VPN, tekan (+) pilih Point-to-Point Tunneling Protocol (PPTP).

tambah ppt vpn
Langkah 1


ppt vpn
Langkah 2


3. Lalu masukan Gateway, User name dan Password sesuai akun yang anda buat. Klik Apply dan Connectkan VPN anda.

Konfigurasi VPN
Konfigurasi VPN

4. Terakhir koneksikan VPN yang sudah anda konfigurasi tadi.

aktifkan vpn linux
Aktifkan VPN

Selesai.

Pengujian VPN 

Terakhir pengujian VPN apakah sudah berhasil atau belum kita bisa melihatnya melalui "What Is My IP?" dengan bantuan situs ini kita akan mengetahui kita berada dimana dengan jaringan apa. buka situs  www.whatismyip.com, akan langsung terlihat jika berhasil akan sesuai dengan VPN server yang dikonekan.


VPN berhasil dikonekan


2 komentar untuk "Cara Install dan Menggunakan VPN dan OpenVPN di Linux"