Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mudah Membuat Facebook Fanspage untuk Berjualan

 Tips Mudah Membuat Facebook Fanspage untuk Berjualan

Facebook fanpage hadir untuk dimanfaatkan bukan sebagai ruang komunitas saja tetapi juga untuk bisnis. Sudah banyak pemilik bisnis UKM bahkan yang skalanya lebih besar membuat Facebook fanpage.


Sayangnya pembuatan fanpage tersebut tidak dibarengi dengan pengelolaan yang benar. Masih banyak pemilik usaha yang membuat fanspage tapi membiarkannya begitu saja. Padahal fanpage adalah salah satu media yang bisa mendatangkan cuan. 


Bagaimana cara kamu bisa mengelolanya, tengok di sini. 


6 Tips Mengelola Facebook Fanpage agar Optimal 


Selain membuat akun pribadi, Facebook juga menciptakan halaman khusus yang bisa digunakan untuk kepentingan bisnis. Halaman inilah yang disebut dengan Facebook fanpage. 


Ada sebuah hal yang berbeda antara fanpage dengan akun personal yaitu untuk mengedukasi pengunjung, pemberian konten yang informatif serta call to action. Dengan begitu akan terjadi engagement antara pemilik bisnis dengan konsumen. 


Bisa dibilang ada segudang manfaat seperti jumlah fans tidak terbatas pada sebuah halaman, konten khusus bisnis dan pribadi terpisah serta tampil lebih profesional. Siapapun pemilik bisnis pasti akan memanfaatkannya untuk berjualan. 


Ada beberapa tips berikut ini yang akan membantu kamu dalam menciptakan Facebook fanpage yang optimal. 


  1. Rencanakan Update Konten Terjadwal

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah postingan konten harus terjadwal. Tujuan posting rutin adalah untuk menambah like, komen dan dikenal oleh banyak pengguna Facebook.


Kamu bahkan bisa tambah like Facebook pakai aplikasi untuk memperlihatkan postingan pada fanpage sudah banyak disukai. Demi mendapatkan like dan komen tentu saja kamu harus membuat konten menarik untuk disampaikan. 



  1. Sudahkah Memasang Cover Foto? 

Selanjutnya adalah soal tampilan dari halaman Facebook fanpage saat pertama kali dibuat dan seterusnya. Kamu jangan lupa untuk memasang cover foto atau foto sampul yang bisa jadi identitas fanpage lebih jelas. 


Hanya memberikan nama fanpage tanpa identitas yang jelas akan membuat orang yang mampir langsung pergi. Karena mereka tidak tertarik dengan jenis bisnis yang kurang jelas menawarkan produk apa. 


  1. Ciptakan Call to Action yang Mudah Ditemukan

Mendapatkan like secara rutin saja tidak cukup untuk meningkatkan penjualan. Postingan kamu boleh saja menarik minat. Like yang didapatkan banyak, tapi mengapa produk tak kunjung juga terjual? 


Ada sebuah kesalahan sepele yang sering terjadi yaitu tidak memberikan call to action. Bahkan kamu lupa memberikannya pada konten iklan yang sedang dinaikkan. Call to action adalah langkah penting untuk memudahkan audiens tahu di mana mereka bisa menghubungi bisnis kamu. 


  1. Harus Memberikan Layanan yang Cepat Tanggap

Apakah kamu sudah mengelola komentar, inbox atau chat yang masuk ke cs? Jangan sia-siakan satu konsumen pun yang masuk melalui Facebook fanpage. Alasannya konsumen tidak suka dengan pelayanan yang terlalu lambat. 


Membalas chat atau komentar mereka terlambat satu jam akan menurunkan citra bisnis kamu yang sudah dibangun. Kamu sudah tentu kehilangan konsumen yang mungkin saja bisa jadi pelanggan loyal. Jadi ubahlah kebiasaan menanggapi lebih cepat lagi. 


  1. Selalu Pantau Pergerakan Kompetitor

Jangan hanya berkutat pada postingan pribadi, komentar konsumen tetapi juga pergerakan yang dilakukan kompetitor. Apalagi jika kompetitor memiliki Facebook fanpage. Kamu akan lebih mudah untuk mengawasi apa yang mereka lakukan. 


Sebagai contoh, bagaimana mereka menyajikan konten di fanpage dan seberapa cepat mereka memberi tanggapan. Semua sudah bisa dilihat secara langsung ketika kamu mengunjungi fanpage mereka. Pastikan apa yang kamu lakukan tak ketinggalan.  


  1. Pengelolaan Rutin 

Terakhir adalah untuk terus memperhatikan penggunaan foto, desain timeline hingga update album dari foto produk. Audiens yang dilihat fanpage terus diperbaharui bukan hanya konten menjadi lebih percaya bahwa bisnis kamu benar-benar dijalankan dengan baik. 


Tidak sulit melakukan pengelolaan secara rutin selama sebulan sekali untuk mengganti foto profil. Kamu juga bisa update foto produk di waktu yang bersamaan. 


Pergerakan apa saja yang dilakukan di Facebook fanpage akan selalu diawasi oleh audien atau konsumen loyal.


Jadi pastikan branding yang kamu lakukan di fanpage berhasil dan mampu mendatangkan konsumen potensial. 


Cara tersebut tentu sudah memastikan bahwa penjualan produk dari bisnis akan terus lancar. 


Sekianlah cara menambah like Facebook menggunakan aplikasi dan simak terus informasi terupdate lainnya yang bisa dilihat di fanpage Kubik Tekno, semoga bermanfaat.


1 komentar untuk "Tips Mudah Membuat Facebook Fanspage untuk Berjualan "