Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Contohnya

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan contohnya

TIK adalah singkatan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pengertian TIK adalah teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengelahan, penyimpangan, penyebaran, dan perjanjian informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, menipulasi, dan pengelolaan informasi. Penjelasan singkat tentang (TIK) Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam bahasa Inggris disebut  Information and Communication Technology (ICT). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi memasuki abad ke 20, tepatnya antara tahun 1910-1920, perkembangan TIK ditandai dengan sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama. Komunikasi suara tanpa kabel ini pun berkembang pesat. 

Teknologi Informasi dan Komunkasi dan Hubungan yang Lebih Baik

Komunikasi adalah kunci utama dari campuran TIK. Dalam bebera tahun terakhir, penggabungan berbagai jenis teknologi telah meningkatkan jumlah pilihan yang dimiliki orang serta lembaga untuk melakukan kontak dan tetep berhubungan. VOIP (Voice over Internet Protocol) biasa juga dikenal sebagai Voice over IP, atau VoIP, mengubah sinya suara menjadi aliran data digital yang dapat ditransmisikan melalui koneksi jaringan, yang mampu membantu seseorang dalam berkomunikasi menjadi lebih mudah dengan menawarkan komunikasi jarak jauh dan internasional dengan biaya yang lebih murah dari standar panggilan telpon.

Dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang sekarang mengaburkan garis antara telepon dan internet, organisasi sekarang memiliki akses ke Unified Communications atau UC. Contoh Teknologi Informasi dan Komunikasi:

  • Komputer
  • Internet (situs web, blog, dan email)
  • Teknologi siaran langsung (radio, webcasting, dan televisi)
  • Teknologi penyiaran yang direkam seperti (podcast), pemutar audio dan juga video serta perangkat penyimpanan
  • Telepon, dll.

Tujuan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah memotivasi kemampuan kita agar bisa dapat beradaptasi dan menantisipasi pekembangan TIK, sehingga bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan sehari hari secara mandiri dan lebih percaya diri, serta untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam aktivitas manusia. Tujuan Teknologi Informasi adalah menyampaikan informasi, menghibur, alat komunikasi, mengolah data, media pembelajaran, mempermudah pekerjaan, pengetahuan, penyampaian data, bisnis, dll.

Posting Komentar untuk "Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Contohnya"