Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian VirtualBox, Fungsi dan Cara Kerjanya

Pengertian VirtualBox

VirtualBox adalah software open source yang dapat membuat mesin PC virtual yang dapat berjalan secara independen di atas sistem operasi utama, VirtualBox juga biasa disebut virtualisasi software. Software serupa dengan VirtualBox adalah VMWare, kedua software ini memiliki fungsi yang hampir sama. Segala bentuk hardware yang berkaitan dengan mesin virtual semuanya disemulasikan oleh pc host. Sehingga sumber daya perangkat keras (komponen-komponen pc) tidak bisa melebihi sumber aslinya.  Dengan VirtualBox kita dapat menginstall sistem operasi seperti Windows, Linux, dan masih banyak lagi. Anda dapat mengatur jumlah RAM yang anda buat untuk mesin virtual sesuai keinginan. Dengan menggunakan VirtualBox anda seakan-akan memiliki banyak perangkat pc dengan berbagai macam sistem operasi tanpa perlu memiliki pc asli. Pada gambar dibawah ini adalah contoh dari VirtualBox yang sudah diinstall OS. Oracle VM VirtualBox banyak digunakan oleh beberapa pengguna untuk ujicoba atau simulasi instalasi suatu sistem operasi tanpa harus kehilangan sistem yang ada, aplikasi sejenis selain VMWare ada juga Microsoft Virtual PC.

Pengertian VirtualBox

Cara Kerja VirtualBox

Cara kerja virtual box adalah pertama membuat ruangan yang dimana di ambil dari ruangan yang kosong dari base OS untuk dijasikan ruang GuestOS, kemudian ruang gues OS menggunakan atau mencangkup RAM, Core Process, dan VGA. Tapi hal ini digunakan hanya sementara saat guest OS berjalan saja. 

Oleh karna itu VirtualBox memakan sumber daya yang sangat besar karena semuanya disimulasikan secara independen, seperti untuk membuat OS-nya sendiri VirtualBox membutuhkan binary-nya sendiri, juga membutuhkan aplikasinya sendiri.

Fungsi VirtualBox

VirtualBox juga memiliki beberapa fungsi yang menjadikannya salah satu software virtualisasi terbaik, berikut ini fungsi VirualBox:
  • Bisa menggunakan banyak os dengan (base os) tergantung spek dari komputer yang digunakan.
  • Dapat melakukan test keamanan komputer, dengan menggunakan guest OS
  • Sebagai ruang uji coba
  • Dapat digunakan sebagai simulasi jaringan
  • Dapat dijadikan sebagai Virtual Server (VPS)
Itulah pengertian tentang VirtualBox.

Baca Juga:

Posting Komentar untuk "Pengertian VirtualBox, Fungsi dan Cara Kerjanya"