Cara Install Mikrotik di VirtualBox

Mikrotik

Oracle VM VirtualBox adalah software virtualisasi yang dapat digunakan untuk menginstall sistem operasi tambahan di dalam sistem operasi utama. Kita dapat menggunakan ISO RouterOS Mikrotik dari situs resminya langsung untuk diinstal di VirtualBox. Tentunya dengan menginstall RouterOS di VirtualBox dapat mengurangi biaya dalam belajar Mikrotik.

Winbox dapat diakses langsung dan membaca terdapatnya jaringan Mikrotik yang terpasang pada Sistem Operasi utama, padahal hal tersebut terjadi karena RouterOS yang berada pada satu jaringan dengan VirtualBox Host-Only Network. Selain itu anda juga bisa menggunakan software virtualisasi lain seperti VMware, tetapi pada praktek kali ini saya akan memberikan tutorial cara menginstall RouterOS Mikrotik menggunakan VirtualBox atau Konfigurasi Mikrotik di VirtualBox.

Persiapkan:

Download dan install bahan-bahan diatas untuk melanjutkan instalasi RouterOS Mikrotik dan konfigurasi mikrotik di virtualbox. 

Cara Install RouterOS Mikrotik di VirtualBox 

1. Virtual Machine baru, caranya klik New lalu beri nama mesinnya dan masukan Type (Other), Version (Other/Unknown). Name ketikan saja Mikrotik, agar lebih mudah saat ingin menjalankan mesin.

Machine Mikrotik RouterOS

2. Setelah anda mengatur Virtual Machine klik Next. Untuk memory size biarkan saja 64 mb, karna RouterOS Mikrotik tidak perlu membutuhkan memory ram yang banyak. Klik Next untuk melanjutkan ketahap berikutnya.

Cara Install dan Konfigurasi RouterOS Mikrotik di VirtualBox

3. Akan muncul berikutnya adalah pengaturan Hard disk, atau penyimpanan. Pada default VirtualBox sudah direkomendasikan 2,00GB jadi biarkan saja pengaturannya. Jangan ada yang diubah seperti gambar dibawah, langsung Next saja.

Buat Virtual disk Mikrotik

4. Berikutnya akan ditampilam pemilihan disk file type pilih VDI (VirtualBox Disk Image), dan klik Next.

Harddisk Type Untuk Mikrotik RouterOS

5. Storage on ohysical hard disk pilih Dynamically allocated, dan langsung Next.

RouterOS Mikrotik Install

6. Sekarang anda diminta konfirmasi size mikrotik.vdi biarkan 2,00 GB dan klik Create.

file location and size virtualbox

7. Sekarang anda sudah membuat project machine baru di VirtualBox, berikutnya masuk ke menu Setting untuk mengatur Jaringan dan memasukan .iso RouterOS Mikrotik.

Settings RouterOS Mikrotik VirtualBox

8. Disini kita akan memilih pengaturan jaringan agar sama dengan komputer utama yaitu menggunakan adapter satu, Masuk ke Settings > Network > Enable Network Adapter > Adapter 1 > Bridged Adapter. Setelah selesai jangan Oke dulu, masuk ke Storage > Choose atau pilih RouterOS.iso mikrotik.

Setting Network Adapter RouterOS Mikrotik

Open RouterOS Mikrotik

9. Lalu akan muncul tab baru, silahkan cari dimana anda menyimpan file RouterOS.iso Mikrotik lalu klik Open dan OK.

Setting RouterOS
10. Start / Mulai RouterOS Mikrotik untuk memulai menginstall nya di VirtualBox.

Mulai RouterOS Mikrotik

11. Untuk menginstall RouterOS Mikrotik kita perlu menandai beberapa fitur yang ingin diinstal, dianjurkan untuk menginstall semuanya caranya tekan a lalu i dan y setelah itu tekan y kembali, biarkan hingga RouterOS Mikrotik menyelesaikan penginstalannya. Jika muncul Press Enter to reboot jangan tekan Enter dulu. Pastikan anda sudah melepas iso RouterOS Mikrotik nya, dengan cara masuk ke tab Devices > Remove disk from virtual drive > Force Unmount baru tekan Enter.

Install RouterOS Mikrotik on Virtualbox

eject routeros mikrotik

12. Setelah reboot selesai akan muncul tampilan login, masukan user admin dan password kosongkan saja langsung tekan Enter, lalu tekan n dan Enter. Selesai disini anda sudah berhasil menginstall RouterOS Mikrotik.

Login RouterOS Mikrotik

Winbox Mikrotik

13. Silahkan login dan pilih ke Neighbors untuk melihat jaringan Mikrotik yang terpasang, silahkan login dengan user admin dan password kosongkan saja lalu klik Connect.

Cara Konfigurasi Mikrotik di VirtualBox

Setelah login anda bisa langsung membuat konfigurasi anda sendiri, tampa perlu menggunakan Mikrotik asli. Seperti menambahkan IP Address Ether 1 dan juga konfigurasi Hotspot atau Modifikasi Tampilan Login Hotspot tergantung keperluan.

Konfigurasi RouterOS Mikrotik

Penutupan

Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga anda berhasil menginstall RouterOS Mikrotik tanpa kendala. Berikan komentar positif dibawah postingan ini.

Belum ada Komentar untuk "Cara Install Mikrotik di VirtualBox"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel