Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecek Tipe OS Windows Apakah 32 bit atau 64 bit

WINDOWS 32-BIT / 64-BIT

Bit adalah pengertian dari cara komputer dalam mengolah informasi yang dijelaskan dalam bentuk kode binary, saat anda menginstall sistem operasi Windows anda perlu memilih apakah versi 64-bit atau 32-bit. Pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial bagaimanca cara cek tipe OS Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 apalakah 64-bit atau 32-bit. Karna untuk mengetahui tipe bit padasistem operasi sangat penting, seperti saat menginstall driver atau software. 

Setiap software  terkadang mempunyai installer yang berbeda untuk setiap tipe windowsnya. Bagi anda yang penasaran bagaimana cek apakah windows kita 32-bit atau 64-bit simak dan baca artikel ini sampai selesai. Ketika anda menginstall Windows atau pernah melakukan upgrade Windows pasti anda sudah mengetahui tipe windows yang digunakan. Aplikasi berarsitektur 65-bit tidak bisa berjalan di sistem operasi Windows 32-bit, namun jika aplikasi berarsitektur 32-bit dapat berjalan di sistem operasi 64-bit. 

Cara Mengecek Tipe OS Windows 10 Apakah 32 Bit atau 64 Bit

Bagi pengguna Windows 10 ada dua cara untuk mengecek apakah OS Windows 10 kita 32-bit atau 64-bit pertama bisa melalui About PC atau melalui dxdiag, berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Pertama buka Settings, pergi ke Start kemudian Settings

    cek tipe windows

  2. Berikutnya pilih System untuk melihat tipe Windows 10 yang anda gunakan 

    System Settings Windows 10

  3. Di dalam System gulir ke paling bawah lalu pilih About, akan terlihat dibagian System type apakah sistem operasi Windows 10 yang digunakan 32-bit atau 64-bit. 

    Cek Sistem Tipe Windows 32-bit atau 64-bit

Itulah cara cek tipe Windows anda apakah 32-bit atau 64-bit, mudah bukan? untuk cara diatas akan terlihat jelas system tipe yang anda gunakan. Jika 64-bit dibagian system tipe akan terlihat operating system, x64-based processor atau 32-bit operating system, x64-based processor. Sesuai yang anda gunakan, anda juga bisa cek tipe Windows melalui dxdiag caranya dengan membuka run tekan tombol Windows + R pada keyboard. Lalu akan muncul run kemudia ketik dxdiag pada run tersebut lalu tekan OK atau Enter. Dxdiag akan muncul dan menampilkan beberapa informasi tentang spesifikasi Komputer atau Laptop anda, fokus saja kebagian Operating System disana akan terlihat tipe bit Windows anda. 


Posting Komentar untuk "Cara Mengecek Tipe OS Windows Apakah 32 bit atau 64 bit"