Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Warna Tinta Printer Tidak Sempurna atau Tidak Keluar

Cara Mengatasi Warna Tinta Printer Tidak Sempurna atau Tidak Keluar

Printer adalah sebuah alat yang digunakan untuk mencetak suatu dokumen, bukan hanya dokumen selain itu bisa berupa gambar atau foto yang dicetak. Printer yang bekerja dengan baik akan menghasilkan hasil yang baik pula, seperti gambar yang dicetak terlihat jelas, dan dokumen-dokumen yang dicetak sesuai dengan yang ada di komputer. Ada beberapa masalah yang terjadi jika warna tinta printer tidak sempurna, pada kesempatan ini kita akan membahas cara memperbaikinya atau cara mengatasi warna tinda printer tidak sempurna saat mencetak dokumen atau gambar. Hasil cetakan sangat perlu diperhatikan untuk para pengguna printer, untuk semua jenis merk printer apapun. Merk media cetak elektroik (Printer) ada banyak dipasaran, begitu juga tintanya. Tinta original dan juga tinta tidak original, masih menjadi pilihan para setiap pengguna. Namun kita sering menemukan masalah seperti warna tinta yang keluar kurang sempurna dan membutuhkan cara untuk mengatasinya, agar Printer kembali normal.

Hasil cetak yang kurang sempurna membuat kita meraka kecewa, tidak mungkin masalah ini harus didiamkan terus menerus. Terlebih lagi jika yang dicetak adalah sebuah foto. Jika anda menemukan masalah seperti ini anda harus menegetahui bagaimana cara memperbaiki dan mengatasinya. Pada artikel ini saya akan memberikan langkah-langkah mengatasi warna tinta printer tidak sempurna untuk segala merk seperti Canon, HP, EPSON, dan merk printer populer lainnya. 

Cara Mengatasi Warna Tinta Printer Tidak Sempurna atau Tidak Keluar Dengan Mudah 

Sudah saya jelaskan sebelumnya kualitas hasil cetakan perlu diperhatikan, ketika anda ingin mencetak suatu dokumen atau foto tinta printer anda harus benar-benar bekerja dengan baik dan juga printernya. Tapi sebelum mengikuti langkah-langkah dibawah ini, pastikan anda sudah mengecek tinta printer yang ada pada printer anda. Apakah sudah habis atau belum, jika sudah habis anda harus segera menggantinya. Kadang para pengguna jarang melakukan pengecekan kepada printer mereka, yang mengakibatkan printer tidak dapat mencetak dengan sempurna dan warna kurang bagus. Jika sudah dicek, sekarang kita langsung saja ke langkah-langkahnya untuk mengatasi tinta tidak sempurna. Berikut caranya:
  1. Langkah pertama siapkan dokumen yang akan dicetak, lalu buka. Anda bisa mencoba dokumen word atau juga excel, selanjutnya anda pilih menu Print.
    1. Berikutnya klik menu Properties pada bagian atas sebelah kanan
    2. Langkah berikutnya adalah tinta yang ada di Catridge, anda harus pompa sampai tinta yang beku keluar. Sehingga hal ini dapat membantu proses kerja printer kembali normal. Lakukan cara ini beberapa kali, dan lihat hasilnya. Jika sudah terlihat media cetak kembali normal, dan hasilnya baik kita lanjutkan ke langkah berikutnya.
    3. Selanjutnya lakukan pengecekan pada hasil cleaning, caranya dengan memilih menu Nozzle check-print check pattern. Langkah ini berguna untuk membantu dan membuat printer mencetak sebuah kertas dan mengeluarkan tinta berwarna merah, biaru, kuningm dan juga hitam. Pastikan anda sudah menyimpan kertas untuk pengecekan ini. Dengan begitu anda bisa membandingkan hasil kiri dan juga kanan, jika hasilnya masih putus-putus artinya belum sempurna dan anda perlu mengulangi cara ini.
    4. Agar hasil yang lebih sempurna, kita perlu memanfaatkan fitur deep cleaning dengan cara memilih menu tersebut. Kemudian melakukan check kembali dengan memilih Nozzle Check. Ulangi cara ini sampai dokumen yang anda cetak bagus dan warnanya sempurna.
    5. Terakhir jika cara diatas masih belum juga berhasil, anda bisa menggunakan cara lain seperti merendam Cartridge dengan air hangat dalam beberapa waktu. Langkah ini bisa membantu mencarikan tinta-tinta yang sudah beku.
    Itulah cara mengatasi tinta warna printer tidak sempurna, tentunya anda harus membeli tinta-tinta terbaik. Mengatasi tinta printer tidak sempurna dan tidak keluar sebenarnya mudah, kembali lagi pada permasalahan di setiap printernya.

    Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Warna Tinta Printer Tidak Sempurna atau Tidak Keluar"