Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install Microsoft Office di Ubuntu dan Linux Mint

 

Microsoft Office adalah software yang paling banyak digunakaan oleh orang-orang, tetapi Microsoft Office hanya berjalan di Sistem Operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Beberapa software di dalamnya yang paling terkenal adalah Microsoft Word, Excel, dan juga PowerPoint. Pada kesempatan ini izinkan saya memberikan tutorial cara instalasi Microsoft Office di Ubuntu dan juga Linux Mint. Banyak dari pengguna Windows tidak pindah ke Linux karna membutuhkan software satu ini, walaupun sudah ada alternatif lain seperti LibreOffice tatapi para pengguna belum terbiasa.

Sebenarnya Linux Mint dan juga Ubuntu tidak menyediakan Microsoft Office secara langsung di Ubuntu Software, tetapi kita akan menggunakan cara lain yaitu dengan menginstall Play on Linux. Yang dapat menjalankan segala software yang ada di Windows. Bagi anda yang ingin menggunakan layanan Microsoft 365 dengan aplikasi desktop Office yang canggih, saat ini belum saya temukan di Ubuntu. Walaupun ada Microsoft Office untuk dijalankan di Ubuntu, tetapi versi yang ada tidak paling terbaru. Artinya anda menginstall Office Word versi lama di Ubuntu dan Linux Mint.

Tidak usah berlama-lama lagi, kita langsung keintinya. Pertama pastikan Ubuntu atau Linux Mint anda terhubung ke Internet. Karna kita kan menginstall PlayonLinux melalui Terminal. 

Cara Mudah Install Microsoft Office di Linux

Agar Microsoft Office bisa berjalan dengan lancar, kita membutuhkan PlayOnLinux. Maka yang terlebih dahulu diinstal adalah PlayOnLinux lalu dilanjutkan dengan menginstall Microsoft Office. Anda bisa mendownloadnya di Ubuntu Software dan juga terminal. Untuk di terminal berikut langkah-langkah instalasi PlayOnLinux dan juga Microsoft Office:
  1. Buka Terminal tekan Ctrl + Alt + T pada Keyboard
  2. Lalu jalankan perintah "sudo apt-get update" dan "sudo apt-get install playonlinux" Jika diminta password user dari Linux anda silahkan masukan, lalu tekan y kemudian Enter.
    Install PlayOnLinux

  3. Perintah tadi digunakan untuk mengupdate sistem Linux anda, dan juga download PlayOnLinux menggunakan perintah.
  4. Tunggu sampai proses download dan install selesai, biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama.
  5. Berikutnya jalankan perintah "sudo apt-get install winbind" dan Install. Karna Microsoft Office membuthkan winbox di Linux.
  6. Buka PlayOnLinux di menu aplikasi Ubuntu atau Linux Mint anda.
  7. Setelah terbuka pilih Install a program, untuk menginstall Office. 
    cara mudah install office di ubuntu dan juga linux mint terbaru
  8. Kemudian masuk ke tab Office, lalu cari Microsoft Office 2010. Disini anda harus menyiapkan mentahan atau installer Microsoft Office, sesuai dengan versinya seperi 2010 atau 2016. Disini saya menggunakan Microsoft Office 2010. 
    Install Office

  9. Kemudian next-next saja sampai muncul use a setup file in my computer kemudia next.
    Install Microsoft Office Play On Linux Ubuntu

  10. Klik browse lalu pilih dimana anda menyimpan mentahan atau installer Microsoft Office, kemudian klik next. 
    Install Microsoft Office Terbaru di Linux Ubuntu

  11. Tekan next sampai muncul Wine Mono Installer, klik Install.
    install ms office di linux mint
  12. Selanjutnya hanya next-next saja dan tandai sampai finish, begitu juga file-file yang perlu di download akan diminta langsung tanpa perlu ribet. Sampai muncul memasukan serial number microsoft office yang anda install tergantung versinya.

    Proses instalasi microsoft office di linux

  13. Jika sudah selesai maka akan terlihat produk microsoft office yang sudah terinstall, berikutnya pilih dan run. 
    Install selesai

Kesimpulan

Microsoft Office Word Linux

Disini proses instalasi selesai, anda bisa membuka produk MS Office seperti Microsoft Excel, OneNote, Outlook. Powerpoint, dan juga Word. Tekan run saja, jika anda ingin membukanya lagi anda tidak perlu mengulang instalasi hanya bika saja PlayOnLinuxnya dan Microsoft Office siap digunakan.

Posting Komentar untuk "Cara Install Microsoft Office di Ubuntu dan Linux Mint"