Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melihat Jenis RAM di PC / Laptop Dengan Mudah

Pada kesempatan ini saya membagikan bagaimana cara cek jenis RAM DDR berapa RAM yang kita gunakan, kapasitasnya serta penggunaannya. Tentunya mengetahui kapasitas ram sangat penting, untuk kepentingan upgrade dan juga pemakaian. 

RAM sendiri bersifat volatil artinya akan tetap tersimpan selama komputer menyala (aktif) dan akan hilang ketika komputer dimatikan. Fungsi RAM sendiri adalah penyimpanan sementara bagian dari sistem operasi, serta aplikasi yang sedang berjalan agar lebih cepat kemudian di proses oleh prosesor. Anda perlu mengetahui tipe RAM yang anda gunakan di komputer atau laptop anda. Seperti DDR berapa yang digunakan, apakah DDR2, DDR3, DDR4, atau DDR5. Kita dapat menggunakan aplikasi bawaan Windows seperti Command Prompt atau Windows PowerShell, dan (built-in tool) seperti Task Manager. Kita juga dapat menggunakan software tambahan untuk mengetahui tipe RAM yang digunakan di komputer atau laptop. 

Mengetahui Atau Memeriksa Tipe RAM Melalui Task Manager

Untuk mengetahui tipe RAM komputer atau Laptop, kita bisa menggunakan Task Manager. Cara ini paling cepat karna mudah dan bisa dilakukan dengan beberapa langkah saja, berikut caranya:
  1. Tekan Ctrl + Alt + Del pada keyboard
  2. Kemudian akan muncuk Windows Security, pilih Task Manager
  3. Jika Task Manager sudah muncul masuk ke Tab Performance dan dibagian Memory akan terlihat kapasitas, tipe, dan penggunaan RAM anda. 
    cara cek kepasitas RAM

  4. Dibagian pojok pada contoh gambar diatas pada 8 GB itu adalah kapasitas ukuran RAM yang digunakan, dan detail dibagian bawah adalah jumlah penggunaan. 
Itulah cara simple melihat jenis ram laptop dan komputer, bagi anda yang ingin melihat 2 Cara Melihat Jenis VGA di PC / Laptop Dengan Mudah bisa membaca artikel tersebut. Melihat RAM tentunya tidak perlu membuka perangkat keras atau komponen laptop dan pc anda. Kita bisa mengeceknya melalui apapun seperti klik kanan pada my computer lalu pilih properties. Disana akan terlihat kapasitas ram yang anda gunakan, tipe ram dan masih banyak lagi.

Cara Cek Jenis RAM di PC / Laptop Melalui Software

Berikut ini Cara Mengetahui DDR RAM pada komputer atau laptop yang kita gunakan. Kita bisa melihatnya secara hardware dan juga software, Anda juga akan mengetahui spesifikasi lengkap tentang RAM yang anda gunakan. yang dibutuhkan kali ini adalah software yang bernama CPU-Z cara instalasi dan penggunaannya berikut ini:
  1. Pertama kunjungi situs ini untuk mendownload CPU-Z yang berfungsi untuk melihat jenis RAM, yang kita gunakan. 
  2. Setelah itu buka dan Install CPU-Z seperti biasa menginstall Software. Saat proses instalasi selesai berikutnya buka CPU-Z yang ada di Desktop anda. Tunggu sampai CPU-Z benar-benar terbuka.
  3. Silahkan masuk ke Tab Memory, disana akan terlihat Tipe RAM, serta Size RAM yang anda gunakan. Tidak hanya itu channel RAM yang anda gunakan bisa terlihat apalah single atau dual. 
    Cara cek DDR RAM

Penutupan

Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mencari informasi tentang RAM.  Itulah cara melihat jenis RAM yang baik dan benar, anda bisa cek jenis, kapasitas, ripe RAM di laptop, notebook, atau komputer dengan mengikuti tutorial berikut ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman sekalian.



Posting Komentar untuk "Cara Melihat Jenis RAM di PC / Laptop Dengan Mudah"