Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Winbox Tidak bisa Login


Winbox merupakan aplikasi yang digunakan untuk meremote server mikrotik. Atau bisa juga disebut dengan versi GUI (Graphic User Interface) dari mikrotikOS. Dengan winbox kita bisa lebih mudah mengoperasikan mikrotik. Namun, terkadang winboxd mengalami masalah. Salah satunya adalah tidak bisa login dengan mac address. Tapi, kalau pakai IP address bisa. Maka dari itu saya akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi winbox tidak bisa login dengan mac address.

Winbox merupakan software yang berguna untuk meremote server mikrotik agar mudah di setting dan dikonfigurasi, tetapi jika kita tidak dapat login winbox dengan mac address atau ip anddress maka tidak mungkin bisa mengoperasikan mikrotik dengan lebih mudah karna mengalami masalah ini. Winbox juga bisa disebut dengan versi GUI (Graphic User Interface) dari mikrotikOS. Sebenarnya cara mengatasi winbox tidak bisa login dengan Mac Address atau IP Address cukup mudah, kita bisa menonaktifkan dahulu / disable network yang terhubung dengan dengan Mikrotik.

Cara Mengatasi Winbox Tidak Bisa Login:

Cara Mengatasi Winbox Tidak bisa login

Berikut ini langkah-langkahnya agar Winbox bisa kembali login, dan dapat mulai mengatur konfigurasi Mikrotik:

  1. Pertama buka Control Panel 
  2. Kemudian Network and Internet > Network and Sharing Center > Change Adapter Settings
  3. Pada interface VirtualBox klik kanan > Disable

    \

Matikan bridge network

Lakukan hal yang sama seperti cara diatas, jika anda menggunakan bridge network disable bridge network. Biasanya sudah terbaca pada Adapter Settings. Kemudian restart mikrtoik anda, coba apakah sudah bisa login atau belum. Jika masih belum cara terbaik agar bisa login kembali adalah dengan riset pengaturan mikrotik ke pengaturan awal. Baca Juga: Cara Install Winbox di Linux Dengan Mudah

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Winbox Tidak bisa Login"