Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Reset MikroTik OS Agar Kembali Seperti awal (default) mudah

reset mikrotik tutorial

Tutorial Cara Riset Mikrotik ke pengaturan awal memiliki alasannya masing-masing, ada yang riset mikrotik karna lupa password mikrotik dan tidak bisa mengembalikannya. Ada beberapa cara untuk riset mikrotik, diantaranya melalui winbox dan juga mikrotik itu sendiri.

Apapun alasannya untuk melakukan riset mikrotik, yang terpenting saat ini saya akan membagikan tutorialnya hingga refrash sistem.

2 Cara Riset Mikrotik

Dibawah ini adalah 2 cara untuk riset mikrotik ke pengaturan default, ada beberapa riset yang bisa anda pilih sesuai keinginan. Dari beberapa riset mikrotik dibawah ini, menggunakan beberapa metode diantaranya melalui winbox dan melalui mikrotiknya langsung.

1. Riset Mikrotik Melalui Winbox

Cara pertama yang saya bagikan adalah melalui winbox, masuk ke console dan jalankan perintah:

/system reset

Setelah anda menjalankan perintah diatas yang akan muncul adalah pertanyaan apakah benar ingin mereset mikrotik, tinggal pilih Yes saja. Dengan perintah diatas kita akan di setting konfigurasi bawaan atau default yang biasanya port ether2 diberi dhcp dengan ip 192.168.88.1/24. Konfigurasi default bagi beberapa orang akan mengalami kendala, karna setiap settingan akan berubah ke pengaturan awal. Tetapi saran saya jika anda terlanjut melakukan riset dengan cara diatas, saat membuka winbox akan muncul sebuah pop-up. apakah kita akan membuang konfigurasi tersebut atau tidak, lakukanlah riset dengan tidak membuang konfigurasi mennggunakan perintah dibawah ini:

/system reset-configuration no-default=yes

2. Reset Mikrotik Melalui Routerboard

Cara kedua berbeda dengan cara pertama, di cara kedua ini kita akan menekan tombol reset melalui routerboard. Tapi ingat setiap routerboard berbeda-beda tempat resetnya, biasanya ada lubang kecil di routerbordnya. Anda perlu menggunakan alat untuk menekan riset tersebut, anda bisa menggunakan ujung pulpen atau alat lainnya yang tumpul yang dapat menekan tombol tersebut. Hati-hati saat menekannya, perlahan saja hingga terdengar suara "tek" itu artinya tombol reset sudah tertekan. Setelah itu terus cabut dan pasang powernya sehingga routerboard menyala. Tunggu beberapa saat hingga lampu mulai berkedip-kedip, setelah itu restart routerboardnya.

3 cara reset mikrotik

  1. Lepaskan kebel power
  2. Tekan tombol reset tanpa dilepas, kemudian tancapkan kabel powernya dalam kondisi tombol reset masih ditekan
  3. Tunggu hingga lampu ACT berkedip-kedip
  4. Lalu cek melalui winbox untuk login.

Akhir Kata

Itulah cara riset mikrotik, berhati-hatilah jika tidak ingin konfigurasi yang anda buat menghilang. Risiko reset adalah semua pengaturan anda hilang, dan anda harus melakukan konfigurasi awal.

Posting Komentar untuk "2 Cara Reset MikroTik OS Agar Kembali Seperti awal (default) mudah"