Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install SPSS di Laptop atau PC dengan Mudah

Aplikasi SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) biasa digunakan untuk melakukan pengolahan data statistik. Berikut tutorial yang mengulas cara install SPSS di perangkat laptop atau komputer Anda secara cepat dan mudah.

Cara Install SPSS di Laptop atau PC dengan Mudah


Sebelumnya, untuk dapat mengakses SPSS, pastikan komputer dan laptop Anda memiliki spesifikasi dan sistem operasi yang kompatibel untuk mendukung kelancaran proses SPSS.

Software SPSS didukung oleh Java Runtime Environment. Karena itu, instalasi SPSS membutuhkan ukuran RAM yang besar. Sistem operasi pada Windows 7, 8 dan 10 juga harus disesuaikan dengan versi bit Windows yang Anda miliki.Anda perlu memahami syarat kompetensi spesifikasi dan sistem Windows tersebut. Jika tidak memenuhi ketentuan ini, SPSS akan memberatkan atau memperlambat kerja laptop atau PC.

Cara Install SPSS di Laptop atau PC dengan Mudah:


Sama seperti software pada umumnya, SPSS juga mengalami perkembangan. Pembaruan versi SPSS secara berkelanjutan ini tidak akan cocok dengan VGA dan prosesor yang rendah. Tutorial ini sendiri mengacu pada versi SPSS 24.

Download SPSS

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah Anda harus mengunduh file master SPSS yang dapat ditemukan di situs resmi IBM. Anda juga dapat memperolehnya melalui CD SPSS original.
Harga software SPSS tergolong mahal. Namun, ini menjamin sistem laptop dan komputer Anda terbebas dari virus. Kalaupun ingin mencari software gratis, pastikan situs download terjamin bebas dari virus.

Setelah download SPSS, Anda akan mendapati bentuk archive zip atau rar. Kemudian, lakukan ekstrak dan bukalah folder tersebut.
Instalasi SPSS

Di dalam folder ekstrak terdapat tiga bentuk file yang berbeda yaitu setup.exe, lservrc dan readme.txt.

1. Klik setup.exe

Klik file setup.exe, lalu pilih Run as Administrator. Selanjutnya, klik tombol Yes.
Bisa jadi Anda akan menemukan tampilan yang berbeda, seperti Preparing to Install. Namun, yang pasti Anda cukup klik setup.exe untuk persiapan instalasi software SPSS. Lalu, tunggulah beberapa saat.

2. Klik Next

Setelah langkah awal tadi selesai, Anda akan melihat tabel InstallShield Wizard. Kemudian, pilih tombol Next.

3. Setujui kebijakan

Berikutnya, Anda akan menemukan tabel baru yang meminta persetujuan untuk menyepakati kebijakan lisensi penggunaan aplikasi SPSS. Dengan menyetujuinya, Anda mendukung secara hukum bila terjadi kesalahan penggunaan.

Setelah membaca kebijakan lisensi SPSS, pilihlah tombol “I accept the terms in the license agreement”. Lalu, klik opsi Next.

4. Klik Yes, lalu Next

Tampilan berikutnya adalah tabel pemasangan Essentials for Python untuk mendukung bahasa pemrograman Python pada sistem operasi Windows. Pilih tombol Yes, lalu klik Next.

5. I accept the terms, Next

Tabel serupa masih muncul sehubungan dengan kebijakan lisensi Python. Kemudian, pilih kembali opsi "I accept the terms " lalu klik Next.

Perintah persetujuan lisensi ini akan muncul sekali lagi. Anda pun cukup memilih untuk menyetujui lisensi tersebut, lalu klik opsi Next.

6. Pilih Direktori

Kemudian, pilihlah direktori penyimpanan software SPSS. Jika partisi C Anda masih mencukupi, lanjutkan pilih Next. Jika ingin mengubah folder, pilih tombol Change.

7. Klik Install

Selanjutnya, muncul tabel “Ready to Install the Program” kemudian klik Install. Lalu, tunggu sekitar 10 menit. Durasi kecepatan ini tergantung spesifikasi laptop atau komputer Anda.

8. Finish

Instalasi pun selesai. Terakhir, hilangkan centang pada kotak "Start IBM SPSS Statistics 24 now". Lalu, klik Finish. Semoga tutorial cara install SPSS ini dapat bermanfaat dan membantu Anda untuk mendapatkan laporan analisa yang dibutuhkan.

Posting Komentar untuk "Cara Install SPSS di Laptop atau PC dengan Mudah"