Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Laptop Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Penyebab Laptop Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Laptop sering mati dan overhead? Kenali penyebab laptop cepat mati dan temukan solusinya, bahkan bisa diperbaiki sendiri dengan mudah.

Sering punya masalah dengan laptop  yang tiba-tiba mati begitu saja? Laptop rasa panas dan tidak nyaman digunakan? Ini tanda laptop mengalami overhead atau suhu panas berlebihan. Penyebab laptop cepat panas bukan hanya soal lama pemakaian saja.


Kebanyakan dari Anda mengira jika laptop mati karena masih hardware, coba cek terlebih dahulu kondisi laptop, terutama suhunya. Cara mengatasinya tidak cukup hanya dengan mematikan dan menunggu hingga suhunya turun, karena ada salah satu perangkat yang bisa jadi mengalami kerusakan.

4 Penyebab Laptop Cepat Panas dan Solusinya

Jangan bingung dulu dan buru-buru membawa ke service center hanya akibat laptop panas. Ada beberapa penyebab kenapa laptop bisa cepat panas dan mengalami kenaikan suhu ekstrem. Bukan hanya masalahnya, ada solusinya juga kok yang bisa dengan mudah dilakukan sendiri.

1. Peletakan Penggunaan Laptop yang Salah

Sering kali menggunakan laptop di tempat tidur, sofa atau tempat empuk dengan sirkulasi udara minim. Inilah yang jadi masalah utama kenapa laptop mengalami kenaikan suhu dengan cepat. Terhambatnya sirkulasi udara membuat peningkatan suhu di dalam komponen laptop.

Cara mendinginkan laptop yang panas secara alami, sebaiknya pindahkan penggunaan di atas meja atau di lantai saja. Bisa juga menggunakan alas pendingin seperti cooling pad. Fungsinya akan menjaga sirkulasi udara dan mengurangi kenaikan suhu, apalagi jika sering kali menggunakan laptop dalam waktu lama.

2. Terlalu Lama Menggunakan Laptop

Laptop memang lebih ringkas dan punya fungsi sama seperti komputer, namun sering kali tidak mematikan laptop secara sempurna dapat mempengaruhi kinerjanya. Apalagi jika menggunakan laptop terlalu lama, misalkan lupa mematikan di malam hari.

Ini akan membuat komponen di bagian dalam tetap bekerja sekalipun tidak digunakan, akibatnya bisa overheat. Solusinya, atur penggunaan dengan tepat. Pastikan memastikan laptop dengan sempurna setelah digunakan, ini akan mengurangi gejala laptop overheat dan menimbulkan kerusakan serius nantinya.

3. Kipas Tidak Berfungsi Dengan Baik

Laptop sudah memiliki perangkat yang dapat mendinginkan komponen di bagian dalam, adanya kipas yang ada di bagian bawah akan membantu mendinginkan komponen penting pada laptop. 
Coba Anda angkat laptop saat digunakan (dalam kondisi hidup), apakah masih berbunyi dengung dan mengeluarkan udara? Jika tidak, maka ada masalah dengan kipas.

Saat kipas tidak lagi berfungsi normal maka akan terjadi kenaikan suhu lebih cepat dari sebelumnya. Solusinya, bisa membongkar bagian kipas saja, bersihkan dengan kuas dan diamkan laptop minimal 2 jam. Jika kinerja kipas masih kurang maksimal, bisa jadi kipas sudah mulai rusak dan harus diganti.

4. Kerusakan Thermal Paste

Processor jadi komponen laptop yang bekerja paling berat, dimana akan menjadi otak yang menentukan perintah utama. Maka lebih cepat panas dari perangkat lainnya, dimana ada pendingin yang dipasang untuk menjaga suhu processor tetap stabil yaitu thermal paste.

Ini merupakan gel yang ditempelkan tidak jauh dari processor. Fungsinya untuk mengurangi panas akibat penggunaan processor yang terlalu tinggi. Sayangnya thermal ini bisa mengalami kering atau kerusakan jika menggunakan laptop terlalu lama atau umur laptop yang sudah mulai tua.

Solusi dan Cara Mengatasinya


Solusinya, bisa mengganti atau menambahkan thermal paste laptop. Sayangnya, Anda tidak disarankan membongkar laptop dan menambahkannya sendiri. Perlu profesional ahli untuk pengerjaan tersebut, sebaiknya serahkan pada service center saja. Pengerjaan tidak terlalu lama, hanya 30 menit saja sudah termasuk bongkar pasang, asalkan tidak ada kerusakan laptop lainnya.
Anda sudah tahu bukan apa penyebab laptop cepat panas dan bagaimana solusi mengatasinya.

Tidak semuanya membutuhkan tenaga ahli, bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah. Hal yang paling berpengaruh kenapa suhu laptop naik adalah penggunaan, sebaiknya berikan waktu istirahat dan tidak membebani laptop dengan berbagai macam kegiatan sekaligus.

Posting Komentar untuk "Penyebab Laptop Cepat Panas dan Cara Mengatasinya"