Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Tips Cara Membersihkan Layar Laptop Agar Tetap Kinclong

Layar laptop terlihat redup dan tidak nyaman di mata, padahal sudah menggunakan pencahayaan maksimal. Hal ini bukan terjadi kerusakan, namun ada tumpukan kotoran di monitor laptop. Anda hanya perlu cari tahu cara membersihkan layar laptop yang tepat, coba sesuaikan dengan jenis kotoran.

Monitor jadi bagian yang paling sensitif, jangan membersihkan layar sembarangan. Bisa jadi akan menimbulkan kerusakan dan mengeluarkan budget lebih. Membersihkan dengan tisu atau lap kering saja ternyata tidak cukup, Anda harus tahu terlebih dahulu jenis kotoran apa yang menumpuk di layar.

14 Tips Cara Membersihkan Layar Laptop Agar Tetap Kinclong (Merawat Komputer)

14 Cara Membersihkan Layar Laptop Menurut Jenis Kotoran

Biasanya ada 3 jenis kotoran yang menempel di area layar. Kotoran tersebut tidak datang dengan sendirinya, biasanya akibat kecerobohan penggunaan. Berikut ini ada tutorial lengkap cara membersihkan layar monitor menurut jenis kotoran yang menempel.


1. Cara Membersihkan Monitor dari Debu

Kotoran yang sering kali menempel pada layar yang sering digunakan adalah debu. Ini bisa datang dari mana saja, cara membersihkannya cukup mudah gunakan kain lembut atau lap serat mikro saja sudah cukup. Cara membersihkan debu layar laptop sebagai berikut.

2. Matikan laptop

Sebelum mulai membersihkan laptop, pastikan tidak ada sambungan listrik agar tidak terjadi konsleting. Selain itu, membersihkan laptop dalam kondisi menyala akan menjadikan masalah baru. Bisa jadi debu dan kotoran akan masuk ke sela-sela lubang tipis bagian laptop lainnya.

3. Gosokan Kain Serat Mikro

Setelah dingin, gosokan lap dengan kandungan serat mikro searah saja. Hal ini untuk mengurangi terjadinya goresan pada layar. Bersihkan ringan saja, jangan ditekan dan usahakan untuk memutar lap agar debu dan kotoran bisa terangkat seluruhnya.

4. Diamkan 30 Menit

Layar terasa lebih licin dan bersih, diamkan terlebih dahulu dan jangan buru-buru menutup layar laptop. Biarkan komponen dingin dan kotoran hilang seluruhnya, diamkan minimal 30 menit. Laptop siap digunakan kembali.

5. Cara Membersihkan Monitor dari Noda Membandel

Layar tidak juga bersih hanya dengan menggunakan lap dan membersihkan secara ringan saja, perlu penanganan ekstra. Pasalnya ada noda membandel yang bisa menyebabkan kerusakan pada layar. Biasanya ini akibat benturan atau remah-remah yang terlalu lama di layar. Berikut cara membersihkannya.

6. Matikan Laptop

Pastikan laptop tidak terdapat aliran listrik, copot juga sambungan kabel. Usahakan laptop dalam kondisi dingin, minimal diamkan 30 menit sebelum dibersihkan.

7. Gunakan Busa Dan Cairan Pembersih

Noda membandel tidak akan hilang hanya dengan lap saja, coba tambahan busa lembut. Teteskan cairan pembersih konsentrat ringan di busa, tidak perlu terlalu banyak dan basah. Usahakan peras agar air tidak terlalu banyak dan tertinggal di layar.

8. Gosokan Perlahan pada Layar

Setelah busa dipastikan tidak terlalu basah, gosokan pada layar dengan pelan dan lembut. Jika noda sulit hilang, bisa ditekan pada noda membandel saja. Lakukan gerakan searah saja untuk mengurangi goresan pada layar.

9. Keringkan Dengan Lap

Noda sudah hilang dan layar masih terlihat basah. Gunakan lap lembut dan mudah menyerap air, sapukan pada seluruh laptop dan diamkan minimal 30 menit sebelum digunakan kembali.

10. Cara Membersihkan Monitor dari Noda Minyak

Noda masih terlihat di layar sekalipun sudah diberikan dengan lap dan busa, apalagi jika ditemukan noda minyak. Ini memang cukup sulit diberikan dan sering kali meninggalkan sisa saat dibersihkan nantinya. Tenang saja, Anda bisa menghilangkan noda minyak di layar tanpa goresan. Caranya sebagai berikut.

11. Laptop Dalam Kondisi Mati

Pastikan laptop mati minimal 30 menit, agar lebih mudah saat membersihkan noda minyak.

12. Semprotkan Cairan Pembersih Layar

Gunakan cairan pembersihkan khusus layar laptop dengan cara disemprot, cukup pada noda saja tidak perlu seluruh bagian.

13. Gosok Dengan Kain

Noda minyak tidak akan hilang dengan sendirinya, perlu digosok dengan kain bersih, mudah menyerap kotoran dan lembut. Gosokan pada noda dan searah saja agar layar laptop tidak tergores. Pastikan jangan memberikan tekanan pada layar, cukup gosok pelan saja.


14. Keringkan Monitor Sebelum Digunakan.

Setelah noda hilang, jangan buru-buru menyalakan laptop kembali. Keringkan terlebih dahulu dengan di angin anginkan atau diamkan selama 30 menit dengan kondisi layar terbuka.

Cukup mudah bukan cara membersihkan layar monitor sendiri di rumah. Gunakan saja bahan-bahan yang ada di toilet. Untuk cairan pembersih bisa membeli yang khusus untuk layar laptop dan gunakan sedikit saja, hal ini untuk mencegah air masuk ke monitor laptop.

Posting Komentar untuk "14 Tips Cara Membersihkan Layar Laptop Agar Tetap Kinclong"