Apa Itu Software? Pengertian dan Fungsinya

Pengertian Software

Apa itu software? Sederhananya, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah perangkat lunak yang berwujud sekumpulan kode untuk menjalankan sistem operasional pada komputer.
Namun, penjelasan mengenai software sebenarnya lebih kompleks. Selengkapnya, ulasan ini akan membuka wawasan Anda mengenai sejarah, pengertian dan fungsi dari software.

Sejarah Software

Alan Turing adalah ilmuwan pertama yang mengusulkan teori software komputer pada tahun 1935. Namun, istilah software dalam ilmu komputer resmi dipublikasikan pertama kali pada tahun 1958 oleh John W. Tukey.

Software kemudian berkembang sepanjang zaman mengikuti perubahan teknologi.  Berdasarkan historinya, software berada dalam empat era yaitu pioneer, stabil, mikro dan modern.
Pada era pioneer, software berbentuk sambungan kabel ke satu-satu bagian dalam komputer dengan menggunakan kartu yang dilubangi. Era ini masih menandai software dan hardware sebagai satu kesatuan.

Pada era stabil, proses komputerisasi dapat dilakukan secara bersamaan dengan banyak pengguna dan berlangsung cepat. Sistem basis data bermula di era ini.

Pada era mikro, software diklasifikasikan ke dalam tiga bagian. Ketiga bagian tersebut adalah Software Sistem, Software Aplikasi dan Bahasa Pemrograman.

Pada era modern, kecerdasan software semakin canggih karena mulai mengenai suara dan gambar. Software komputer bahkan tersedia juga di handphone melalui sistem seperti android.


Pengertian Software

Software berwujud digital dan tidak memiliki wujud fisik seperti hardware. Namun, fungsi software dan hardware saling berkaitan dan melengkapi. Software adalah bahasa pemrograman dalam sebuah komputer yang bertujuan untuk memberikan fungsi dan kerja pada hardware agar sesuai kehendak user. Software memberi instruksi kepada komputer agar dapat berfungsi optimal. Software memiliki peran untuk mengatur aktivitas kerja komputer. Software dibuat oleh programmer untuk mengelola data elektronik dan program digital.

Fungsi Software

Sebelumnya telah disebutkan software melengkapi hardware. Ini dikarenakan software memang dirancang untuk mengatur perangkat keras pada komputer sehingga cara kerjanya dapat berjalan simultan.
Software dalam bentuk aplikasi juga berfungsi untuk mengidentifikasi suatu program pada komputer. Dengan begitu, komputer dapat melacak virus atau membantu optimalisasi sistem komputer.
Software jelas memiliki peran sentral pada sistem operasional komputer. Segala perintah yang diminta user akan dioptimalkan software untuk menjalankan sekaligus mengoptimalkan fungsi dari komputer.

Contoh Software

Software kini makin mudah ditemukan dan diperoleh baik yang berbayar maupun gratis. Untuk memudahkan Anda memahami software secara praktis, berikut beberapa contoh software yang umum dan banyak dipakai user.

  • Microsoft Windows yaitu sistem operasi komputer berbasis Graphical User Interface.
  • Microsoft Word yaitu aplikasi yang memudahkan Anda untuk membuat berbagai jenis dokumen.
  • Google Chrome yaitu mesin pencari segala hal berbasis teks di internet.
  • Photoshop yaitu software untuk menciptakan kreasi dan menyunting gambar atau foto.
  • VLC Media Player yaitu software pemutar video film, musik dan lagi.
  • Virus Protection Software yaitu aplikasi yang dapat mendeteksi dan menghapus virus pada komputer. Keamanan data yang tersimpan pada komputer pun terlindungi.

Peran perangkat lunak  ternyata dekat dengan keseharian selama mengakses perangkat digital pada komputer dan handphone. Aplikasi software bahkan memudahkan pekerjaan dan aktivitas.
Usai memahami apa itu software berdasarkan pengertian, fungsi dan contohnya, semoga wawasan Anda makin terbuka luas mengenai perangkat teknologi komputer.

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Software? Pengertian dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel