Apa Itu CSS? Pengertian, Jenis & Kegunaanya

Pembuatan website ternyata membutuhkan banyak hal dan terkadang Anda akan mendengar istilah tertentu. Jika berbicara mengenai HTML Anda tidak akan bisa lepas dari istilah CSS. Lalu Apa itu CSS dan bagaimana hubungannya dengan HTML? Simka artikel ini untuk mendapatkan jawaban lengkapnya.

Pengertian CSS

Pengertian dari CSS

Hal pertama yang harus Anda ketahui ialah pengertian css dan contohnya untuk mengetahui fitur lainnya secara lebih dalam. CSS memiliki kepanjangan yakni Cascading Style Sheets dan merupakan salah satu bahasa untuk mendesain web. 

Dengan adanya CSS maka format tampilan pada sebuah web bisa dikontrol dengan baik.  Terdapat berbagai kumpulan perintah yang dapat digunakan untuk menjelaskan suatu halaman situs dalam bahasa markah. 

Bahasa Markah (Mark Language) merupakan salah satu bahasa pemrograman yang digunakan dalam proses pembuatan website. Salah satu contoh dari bahasa markah yang sering di dengar ialah HTML. 
Hubungan antara CSS dengan HTML ibarat manusia dengan pakaian, dimana HTML adalah manusia yang dibuat menarik tampilannya berkat CSS. Dengan adanya CSS, para pengembang web bisa mengubah berbagai tampilan seperti ukuran teks, jenis teks dan lainnya. 


Ketahui Cara Kerja CSS Paling Mudah

Pada dasarnya fungsi CSS adalah untuk melakukan desain, membentuk dan juga mengubah tampilan website sesuai dengan keinginan. Dengan bantuan HTML, CSS mampu untuk membuat tampilan situs website anda menjadi lebih menarik dan efisien. 

Lalu bagaimana cara kerja CSS sehingga mampu melakukan berbagai hal tersebut terhadap website? Dengan bantuan CSS Anda tidak perlu menyalin satu persatu file pada halaman website seperti halnya HTML. 

Tidak serumit HTML, CSS melakukannya dengan lebih sederhana sehingga Anda hanya perlu menulis satu fungsi untuk setiap halaman . Hal ini akan memudah dan mempercepat proses desain website.  HTML memerlukan atribut tag yang detail untuk melakukan perintah pada website, namun hal ini tidak berlaku pada CSS. Karena lebih praktis dan sederhana dalam penulisan kode, maka proses pemuatan halaman akan lebih cepat. 

Setelah Anda mengetahui pengertian dan fungsi dari CSS, selanjutnya perlu diperhatikan bagaimana contoh elemennya. Misalkan Anda ingin membuat satu paragraf dengan warna lain dan hurufnya tebal, maka gunakan baris CSS ini. 

p {color:blue; font-weight:bold}

Tulisan color dan font weight dalam CSS tersebut merupakan properti, sedangkan blue dan bold adalah nilai. Seluruh baris dalam tanda kurawal adalah sebuah deklarasi, sementara “p” merupakan selector. Kedua hal ini merupakan dasar dalam menggunakan CSS maupun HTML. 

Jenis CSS di Dalam Kode HTML 

Terdapat macam macam CSS yang dibedakan berdasarkan penempatan CSS yang digunakan pada baris kode HTML. Berikut ini adalah berbagai jenis jenis CSS yang perlu Anda ketahui. 
  • Inline CSS
Jenis pertama ialah Inline CSS yang penempatannya bisa langsung dilakukan dalam konten HTML.  Berikut ini contoh nya. 

<h1  style="font-size:10px;color:red;">Ada apa Dengan Dunia!</h1>

  • External CSS
Jenis selanjutnya ialah external CSS yang membutuhkan file .css untuk dapat berfungsi.. Langkah ini bisa dimanfaatkan untuk mengubah sebagian besar tampilan pada website. 

<head>
<link rel="stylesheet"  type="text/css"  href=fileCSSAnda.css">
</head>

  • Internal CSS 
Sekilas sama seperti CSS, namun pada jenis ini kode HTML dituliskan pada bagian atas file HTML. Jenis ini cocok digunakan jika Anda ingin menciptakan tampilan website yang unik. 

<head>

<style>

Body  { background-color:green;  }

P  { font-size:18px;  color:mediumgreen;  }

</style>

</head>

Bagaimana, apakah sekarang anda sudah mengetahui apa itu css dan bagaimana penerapannya? Dengan pengetahuan CSS yang bagus maka tampilan website akan semakin menarik dan unik. 


Belum ada Komentar untuk "Apa Itu CSS? Pengertian, Jenis & Kegunaanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel