Cara Konfigurasi Web Server Menggunakan OwnCloud di Debian 7

owncloud

Server atau Web server adalah sebuah perangkat lunak yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTPS atau HTTP pada klien, pada kesempatan ini kata akan melakukan konfigurasi web server menggunakan OwnCloud di Debian 7 hingga dapat diakses oleh klien. Anda bisa mencobanya di VirtualBox atau langsung di install pada komputer server Debian.

Artikel Terkait:

Konfigurasi berikut ini hanya sebagai implemestasi untuk Web Server. Fungsi utama web server adalah untuk mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunkasi yang sudah ditentukan sedemikian rupa, halaman web yang diminta terdiri dari berkasi text, video, gambar, dan file.

Langkah - Langkah Konfigurasi Web Server Menggunakan OwnCloud di Debian 7

 Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyalin file owncloud ke flashdisk atau hard disk external, setelah itu lalu masuk ke debian di virtualbox pada menu klik Perangkat. Jika berhasil maka akan terpasang dan siap. Sebelum menyalin file owncloud ke harddisk atau flashdisk kita perlu masuk ke direktori media caranya jalankan perintah dibawah ini:

# cd /media

Lalu buat folder owncloudnya untuk menjadi tempat penyimpanan untuk isi dari harddisk dan flashdisk. Langkah berikutnya adalah melakukan mount harddisk atau flashdisk ke folder /media/owncloud, berikut perintahnya:

# mkdir owncloud
# mount /dev/sdb1/  /media/owncloud/

3. Kemudian masuk ke folder owncloud menggunakan perintah cd lagi:

# cd /media/owncloud

Sekarang kita berada di direktori /media/owncloud di dalam folder owncloud terdapat isi dari harddisk atau flashdisk kita, salin owncloud ke folder www di direktori /var/www dengan menjalankan perintah ini:

# cp "owncloud 6.0.3" /var/www/

Sekarang kita berada di direktori /media/owncloud di dalam folder owncloud terdapat isi dari harddisk atau flashdisk kita, salin owncloud ke folder www di direktori /var/www dengan menjalankan perintah ini, setelah itu masuk ke folder /var/wwww:

# cp "owncloud 6.0.3" /var/www/
# cd /var/www/

Posisi sekarang kita sudah berada di /var/www, berikutnya yang harus dilakukan adalah jalankan perintah "ls" untuk melihat isi dari folder dari direktori /var/www. Jika sudah terlihat file owncloudnya yang disalin tadi langkan berikutnya extract file owncloudnya jalankan perintah "unzip" kemudia nama file, seperti perintah dibawah ini:

# apt-get install unzip
# unzip "owncloud 6.0.3"

file owncloud sudah berhasil di extrack berikutnya adalah mengubah nama menjadi own, lalu masuk ke direktori own caranya jalankan perintah:

# mv "owncloud 6.0.3" own
# cd own

Langkah berikutnya mengaktifkan semua data yang berada dalam folder own, caranya jalankan perintah berikut ini:

# chmod 777 -R ../own/

Lalu mengkonfigurasi pada folder /etc/apache2/sites-avaiable jalankan perintah:

# cd  /etc/apache2/sites-available/

copy file default ke owncloud:
# cp default owncloud

konfigurasi file owncloud :

# nano owncloud

Lalu ubah konfigurasinya seperti menambahkan ip address, server name dengan nama domain, ubah text yang ditebalkan seperti dibawah ini, sesuaikan dengan konfigurasi anda:

<Virtualhost 192.168.19.1:80>
        ServerAdmin admin@mangladatech.com
        ServerName www.mangladatech.com
        ServerAlias mangladatech.com

DocumentRoot /var/www/own/

Simpan konfigurasi dengan menekan Ctrl + X lalu Y dan Enter.

Langkah terakhir jalankan perintah dibawah ini untuk mematikan file default, menghidupkan owncloud, dan restart apache2:

# a2dissite default
# a2ensite owncloud
# /etc/init.d/apache2 restart

Mencoba OwnCloud Web Server 

Langkah berikutnya adalah membuka klien dan mencoba mengakses web server yang sudah dikonfigurasi menggunakan owncloud apakah berhasil atau tidak, buka browser lalu ketik nama domain anda. 

lalu isi data sesuai keinginan anda, bagian terpenting pada folder data masukan /var/www/own/data dan pengguna basis data yaitu "root" untuk sandi root anda. Host basis data ketik localhost.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel