Cara Mengatasi File di Flashdisk Terkena Virus Shortcut (Malware)

Cara Mengatasi Flashdisk Yang File-nya Menjadi Shortcut Dan Muncul RunDLL Error (Malware)

Saat memasukan flashdisk kedalam komputer yang sudah terinfeksi virus shortcut membuat file yang ada didalamnya menjadi shortcut semua, terkadang muncul RunDLL Error. Jika file shortcut tersebut dibuka akan langsung terinfeksi ke komputer tersebut, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan Anti Virus yang mampu menghapus malware tersebut. Saya sarankan menggunakan anti virus Avast, Avira, AVG, Bitdefender, Malwarebytes’ Anti-mawlare. Setelah install anti virus scan data data anda yang ada di flashdisk, akan secara otomatis terdeteksi virus dan langsung terhapus oleh anti virus di komputer yang anda install.

Mengembalikan File di Flashdisk Terkena Virus Shortcut (Malware)

Apakah data atau file yang ada di flashdisk tersebut dapat diselamatkan? jawabannya bisa.

Dengan menggunakan Windows kita bisa memanfaatkannya melalui cmd, seperti menjalankan perintah attrib untuk melihat file tersebut. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Buka Command Prompt (cmd) klik kanan pilih Run as administrator

    cmd windows
  2. Selanjutnya lihat lokasi drive flashdisk anda yang terkena malware, disini flashdisk saya adalah disk J.
    flashdisk
  3.  Selanjutnya jalankan perintah dibawah ini pada cmd:
    attrib cmd
    attrib -h -r -s /s /d j:*.*
  4. Sesuaikan saja dengan flashdisk anda, jika flashdisk anda berada di lokasi E ubah menjadi E. 
  5. Setelah menjalankan perintah tersebut buka kembali flashdisk anda, apakah sudah ada folder yang tidak ada namanya. Jika ada didalamnya akan terdapat data-data yang anda miliki pada flashdisk tersebut.
  6. Buka folder yang tidak ada namanya tersebut selamatkan data anda.

Bagaimana Cara Mencegah Agar Tidak Terkena Malware Lagi

Cara diatas tidak akan menghapus malware yang sudah terinfeksi malware yang ada dikomputer anda atau pada flashdisknya, jika anda mencoba untuk mencolokan flashdisk lain atau yang sama malware tersebut akan melakukan hal yang sama dan membuat file-file anda menjadi shortcut.

Mengatasinya agar benar-benar bersih adalah download Malwarebytes' atau anti virus yang saya rekomendasikan diatas, scan secara keseluruan semua data yang ada di komputer anda termasuk disk C. Setelah itu jangan pernah mencoba memasukan flashdisk ke komputer yang tidak aman, dan mendownload aplikasi-aplikasi yang tidak terpercaya yang akan membuat komputer anda terinfeksi malware lagi. Karna data adalah bagian paling penting, jika data anda hilang sulit untuk mengembalikannya lagi, apalagi jika data tersebut dicuri oleh orang dan disalahgunakan. Semoga tutorial ini membantu, selamat mencoba semoga berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel