Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Lupa Password Mikrotik

Cara mengatasi lupa password mikrotik

Untuk login ke Mikrotik Winbox Loader kita memerlukan username dan password, tetapi jika anda mengalami masalah lupa password mikrotik disini saya akan membahasnya dan cara mengatasinya. Ada beberapa cara, Set Komputer akan membaginya menjadi 4 cara mengatasi lupa password mikrotik seperti menggunakan Mikrotik Password Recovery dan juga Hisory login yang sudah tersedia di Winbox. Cara ini banyaknya berhasil bagi mereka yang mengikuti langkah-langkah cara mengatasi mikrotik dibawah ini dengan baik dan benar.

Kebanyakan orang tidak mengingat password mikrotik adalah karena lupa, dan anda tidak perlu panik jika anda lupa password mikrotik. Disini kita akan membahas bagaimana mengatasinya agar mendapatkan kembali username serta password agar bisa login kembali ke mikrotik dan melakukan konfigurasi-konfigurasi seperti biasa, namun jika anda telah mengikuti cara ini dan tidak berhasil. Sebaiknya anda perlu mencoba cara lain, seperti melakukan reset pada routerboard mikrotik. Pada kesempatan ini saya telah memberikan 4 langkah mengatasi lupa password mikrotik mulai dari yang mudah hingga mencari ke akar history penyimpanan password yang pernah login ke Winbox melalui Windows Explorer. 

Cara Mudah Mengatasi Lupa Password Dan Username Mikrotik

Sebelum anda mengikuti langkah-langkah ini, pastikan anda pernah login mikrotik melalui Winbox. Agar proses lebih mudah, karna disini kita akan melakukan teknik membaca script yang berisi username serta password mikrotik anda, yang pernah login melalui komputer tersebut. Ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Melalui Windows Explorer

Sudah saya jelaskan sebelumnya, cara ini adalah cara yang paling mudah dalam mengembalikan password mikrotik yang lupa. Berikut caranya:
  1. Buka Windows Explorer pada komputer atau laptop yang pernah login ke mikrotik anda via winbox. Lalu buka ke direktori "C:\Users\(Nama_User)\AppData\Roaming\Mikrotik\Winbox", ubah nama user dengan username komputer anda. 
  2. Didalam folder tersebut terdapat data yang bernama settings.cfg, buka setting.cfg menggunakan notepad. Dengan cara klik kanan lalu pilih Open With > More Apps > Notepad > Ok
    Mengatasi Lupa Password Mikrotik dan Juga Usernamenya / Lupa Password Winbox
  3. Setelah file tersebut terbuka kita akan ditampilan dengan script yang terlihat rumit, disini anda bisa melihat Username dan Password yang pernah login. Dibawah ini untuk penjelasan username dan password mikrotik yang mungkin anda lupa, yang telah saya tandai dengan tanda panah. 

    Cara mudah mengatasi lupa password mikrotik terbaru
  4. Setelah anda mengetahui passwordnya, coba login melalui Winbox.
Cara diatas adalah cara mudah untuk mengatasi lupa password mikrotik, jika tidak berhasil anda bisa mengikuti cara berikutnya. 

2. Melalui Mikrotik Recovery Tools

Password Recovery Tool Mikrotik

1. MikroTik RouterOS Password Recovery Tool

Cara kedua ini kurang efektif karna anda perlu mengunjungi situs yang menyediakan tools recovery password mikrotik. Sebenarnya jika anda tidak pernah melakukan backup, cara berikut ini tidak mungkin anda ikuti. Karna diperlukan file backup dari mikrotik tersebut agar terbaca username serta password yang anda lupa. Tentunya pada winbox tidak tersedia fitur forget password, jadi anda harus memperkecil kemungkinan lupa password. tetapi beberapa dari mereka berhasil menggunakan cara ini. Berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Kunjungi situs Password Recovery Tool, untuk mengetahui username password Mikrotik dengan MRT.
  2. Tunggu sampai loading selesai, dan situs tools recovery mikrotik sudah berhasil dimuat.
  3. Selanjutnya pilih Choose file, file mikrotik backup anda. 

    mengatasi lupa password mikrotik

  4. Dan terakhir klik submit, tools ini akan membaca username dan password mikrotik dari file backup tersebut. 
  5. Akan terlihat daftar user dan password mikrotiknya. 
  6. Silahkan gunakan salah satu user dan password yang sudah terbaca pada tools tersebut.

2. MikroTik Password Recovery Online Tool

Situs berikutnya memiliki fungsi yang sama untuk mengembalikan password mikrotik yang lupa, cara ini sedikit lebih simple dan kegunaannya sama dengan cara sebelumnya yang menggunakan MRT. 
  1. Buka situs MikroTik Password Recovery Online Tool
  2. Kemudian masukan data backupan yang pernah anda backup melalui winbox, dengan memilih choose file
    Lupa password mikrotik dan mengatasinya
  3. Terakhir pilih "Upload and show me passwords
  4. Tunggu sampai proses selesai dan password akan muncul.

3. Riset Routerboard MikroTik

Jika ketiga cara diatas sudah tidak berhasil saya menyarankan untuk menggunakan cara reset mikrotik, karna dengan begini anda bisa melakukan login dengan password kosong dan username default yaitu admin. Namun dengan cara riset mikrotik anda akan kehilangan konfigurasinya dan siap melakukan konfigurasi ulang untuk jaringan anda, seperti blok situs, dll. Tentunya anda harus memikirkan apa yang akan terjadi nanti, jika anda sudah melakukan data backup sebelumnya anda masih bisa melakukan pengembalian username dan password mikrotik. Karna dengan Reset MikroTik OS Agar Kembali Seperti awal akan mengakibatkan hilangnya konfigurasi sebelumnya. 

Penutupan

Itulah cara mengatasi lupa password mikrotik, semoga membantu anda. Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar positif agar kami bisa membantu tentang permasalahan lupa password mikrotik ini.