Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Saya Ngeblog? Apakah Blogging Masih Menguntungkan di Tahun 2020

Apakah Blogging Masih Menguntungkan di Tahun 2020

Saya adalah seorang blogger yang memulai ngeblog sejak tahun 2014, dahulu saya mempunyai niat untuk ngeblog karna termotivasi oleh seorang blogger yang bernama eka lesmana. Saya menemukan video di youtube bahwa gaji seorang blogger seperti eka lesmana mencapai puluhan juta lebih. Namun dulu jalan ngeblog yang saya ambil salah, saya membuat blog hasil copy paste dari blog orang lain. Dan akhirnya blog tersebut tidak menciptakan keuntungan apa-apa tapi jika positifnya diambil menjadi pelajaran adalah saya bisa membuat artikel secara orisinil berkat pengamalan tersebut. Lalu saya mulai membuat banyak blog dan mempromosikannya, serta melakukan SEO untuk blog saya sampai akhirnya blog tersebut dijual.

Kenapa Saya Tetap Konsisten Ngeblog?


Jawaban yang membuat saya tetap membuat artikel dan merawat blog adalah karna hobi saya menulis dan ngeblog juga sudah menjadi bagian dari hobi saya, jika satu hari tidak membuka blog saja rasanya seperti ada yang kurang. Dari niat yang hanya mencari uang di internet, kini niat saya hanya ingin memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca setia blog ini. Walaupun itu semua omong kosong karna saya tetap membutuhkan uang saku untuk melanjutkan kebutuhan hidup saya hehe. Ngeblog dari tahun 2014 sampai saat ini sudah berjalan 6 tahun, banyak blogger yang sudah mundur karna tidak mau sabar. Karna menurut saya jika ingin menghasilkan di blog kita perlu berjuang diawal mencari traffic (pengunjung blog) melakukan optimasi agar blog dapat mengumpulkan uang. Tapi semua itu tidak semudah membalikan telapak tangan, seorang blogger bisa menghapuskan waktu berjam-jam didepan komputernya untuk membuat artikel dan mencari ide demi pengunjungnya.

Jika dibilang blog ini sudah menghasilkan? jawabannya masih belum cukup namun saya tetap yakin bahwa jika orang lain bisa mengapa saya tidak. Rekomendasi para blogger yang saya sering baca artikelnya yaitu Arlina Design, Sugeng.id, dan juga blog-blog dikomunitas blogger indonesia yang ada di facebook.

Jadi Apakah Blogging Masih Menguntungkan?

motivasi blogger

Jawaban dari pertanyaan diatas menurut saya pribadi masih sangat menguntungkan, jika anda belum bisa mendapatkan penghasilan dari blogging anda bisa menjadi blog sebagai kerjaan sampingan. Namun tetap membuat artikel setiap harinya, bagi waktu untuk ngeblog agar blog yang anda buat semakin berkembang. Jika dirasa sudah mulai banyak pengunjung maka anda bisa mendapatkan uang sedikit-sedikit lama-lama menjadi? (MENJADI KAYA) hehe. Karna raja dari sebuah blog adalah artikel yang kedua adalah pengunjung, seseorang tidak akan datang ke blog anda jika mereka tidak menemukan informasi yang mereka cari. Maka buatlah artikel yang benar-benar memberikan manfaat bagi pengunjung.

Menurut mas sugeng alias sering dikenal sugeng.id ngeblog masih menguntung dari segi iklan di AdSense atau tidak menggunakan adsense, seperti ada brand yang masuk untuk menggunakan jasa blog tersebut. Namun situs-situs besar yang mendominasi di halaman search engine Google membuat para blogger berputus asa,  ditambah lagi minat pembaca yang semakin berkurang.

Posting Komentar untuk "Kenapa Saya Ngeblog? Apakah Blogging Masih Menguntungkan di Tahun 2020"