Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Folder di Linux Lewat Terminal

Cara Membuat Folder di direktori terminal linux

Artikel singkat kali ini akan membahas bagaimana cara membuat folder di direktori tertentu melalui terminal. Memang terkesan sepele tapi jika di fikir-fikir membuat folder melalui terminal / CLI sangat penting juga, kenapa penting? karna setiap kita ingin melakukan konfigurasi contohnya saat membuka Ubuntu atau Debian server. Kita perlu melakukan segalanya lewat CLI maka perintah membuat folder dan masuk ke direktorinya perlu diketahui.

Caranya sangat mudah, pilih direktori yang ingin kita buat foldernya contohnya saya akan membuat folder di dalam direktori Documents, maka yang perlu saya jalankan adalah perintah:

sudo su
cd /home/
ls
cd /home/usernamelinuxanda
ls
cd Documents

penjelasannya: cd adalah perintah masuk ke direktori, lalu home adalah tempat banyak data disimpan seperti ada folder Downloads, Documents, Videos, Music, dll. mengetik perintah ls akan memunculkan folder yang ada direktori berikutnya yaitu home, selanjutnya cd Documents artinya kita sudah masuk kedalam direktori Documents.

Selanjutnya yang kita lakukan adalah menjalankan perintah mkdir yang berfungsi untuk membuat folder. Perintahnya:
make folder on linux

mkdir namafolder

Selesai. Mudah bukan caranya anda hanya masuk kedirektori setelah masuk buatlah foldernya cd untuk masuk ls untuk melihat folder dan data yang ada di direktori tersebut lalu mkdir perintah membuat folder. Simple, semoga membantu teman-teman dalam belajar Linux.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Folder di Linux Lewat Terminal"