Pengertian dan Sejarah Squirrelmail

squirrelmail

SquirrelMail adalah layanan mail server atau web mail yang menyediakan kedua klien saling mengirim email berbasis web proxy server untuk IMAP protokol dari domain yang sama. Selain itu squirrelmail memiliki fungsi mem-forward suatu email ke mail server untuk dikirim. Untuk mengirim email mail server harus memiliki Mail Transport Agent, banyak jenis MTA yang dapat diinstal di Debin. Dengan melakukan konfigurasi mail server di debian anda perlu menginstall squirrelmail terlebih dahulu agar klien bisa mengakses dan saling mengirim kontak surat secara online.  Ada beberapa fungsi dari mail server lokal ke mail server remote diantaranya:

  • Postfix
  • Sendmail
  • Qmail
  • Zimbra
  • Exim

Web server membutuhkan akses ke server IMAP agar dapat mengirim email ke SMTP, squirrelmail adalah output yang valid HTML 4.0 dan berjalan di browser. Webmail ini mendukung semua platform yang dapat menjalankan PHP, tentunya platform yang sering digunakan yaitu Linux dan distro debian.

Sejarah Squirrelmail

Proyek ini dimulai oleh seseorang yang bernama Nathan dan Lukas Ehresman pada tahun (1999) di tulis dengan bentuk PHP, squirrelmail menghungkan dengan LAMP, web server membutuhkan akses IMAP. The squirrelmail IMAP produk server proxy diciptakan pada tahun (2000) oleh Dave McMurtrie (University of Pittsburgh). SquirrelMail banyak digunakan karna mudah ditemukan distribusi GNU Linux seperti debian dan ubuntu secara keseluruhan sudah di download oleh puluhan ribu orang dalam setiap bulannya. 

Itulah pengertian dan penjelasan serta sejarah singkat tentang squirrelmail, semoga membantu.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Sejarah Squirrelmail "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel