Pengertian Samba Server dan Cara Kerjanya

pengertian samba server

Samba server adalah sebuah layanan protokol yang berjalan di sistem operasi Linux untuk dapat melayani pertukaran data dalam jaringan dengan mudah antara Microsoft Windows (Client) dan Linux, selain itu samba sering digunakan untuk menggunakan data secara bersama-sama dari server. Samba adalah salah satu program yang dapat menjembatani kompeksitas berbagai sistem operasi Unix (Linux) dengan Windows yang berjalan dalam satu jaringan komputer, Samba dikenal sebagai SMB (Service Message Block) protocol.

Konfigurasi Samba dapat dilakukan di berbagai distro Linux, seperti Debian, Ubuntu, dll. Client akan membuka data yang sudah diatur melalui user tanpa password atau menggunakan password tergantung konfigurasinya.

Cara Kerja Samba Server

Samba berjalan di background atas dua program yaitu SMBD dan NMBD, secara singkat SMBD adalah file server yang nanti akan menghasilkan suatu proses baru untuk setiap client yang aktif sementara. NMBD bertugas untuk mengkonversi nama komputer atau NetBIOS menjadi sebuah alamat IP. Seorang admin jaringan dapat mengatur filde konfigurasinya di direktoi "/etc/samba/smb.conf" dengan konfigurasi sesuai keinginan seperti dijadikan file server, print server, domain controller, dan masih banyak fungsi lainnya.

Itulah pengertian dan cara kerja dari samba server, intinya samba sering digunakan sebagai file server dan dapat berjalan di berbagai distro linux.

Kelebihan Samba Server

  1. Dapat digunakan secara Gratis (Free) tanpa perlu membayar
  2. Tersedia untuk berbagai macam platform dan distro
  3. Mudah dikonfigurasi oleh seorang admin jaringan
  4. Sudah terhubung langsung dengan jaringan
  5. Mudah digunakan sesuai dengan kebutuhan administrator
  6. Mempunyai performa dan fungsi yang maksimal dan jarang ditemui masalah error dalam penggunaannya

Fungsi Samba Server

Fungsi samba server menghubungkan antara dua mesin sistem operasi Linux dan Windows lalu dapat menjembatani sharing file, sharing device, PDC, firewall, DNS, DHCP, FTP, webserver, sebagai gateway, mail server, proxy dan masih banyak lagi. DAn samba PDC (Primary Domain Controller) bertujuan sebgai komputer dapat melakukan validasi user dari setiap client yang akan bergabung dalam satu domain tertentu dengan kata lain user yang terdafar di konfigurasi saja lah yang dapat mengakses semua fasilitas domain yang disediakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel