Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog di Blogger Gratis Terbaru 2021

Cara Mendaftar dan Membuat Blog di Blogger

Web log biasa disingat (Blog) merupakan aplikasi web atau platform yang memuat tulisan berbentuk artikel, selaian tulisan terdapat juga gambar serta video di dalamnya. Blogger adalah sebutan seseorang kepada user atau admin yang membuat tulisan/konten di blog. Aktivitas seorang blogger biasanya mereka membaca artikel blog milik orang lain, meninggalkan komentar dan membalas komentar disebuat (Blogging). Setiap seorang blogger memiliki motivasi yang berbeda beda dalam membuat blog dan topik yang dipilih. Ada yang sekedar menyalurkan hobinya dalam menulis dan ada juga yang serius menekuni hingga menghasilkan rupiah dari hasil ngeblog.

Manfaat Membuat Blog di Blogger

Mendapatkan uang dari blog adalah hal yang mungkin bagi setiap penulis blog, namun tidak dengan cara instan seperti membalikan telapak tangan, perlu perjuangan dan banyak syarat agar blog mulai menghasilkan uang dari Google Adsense atau brand/perusahaan yang ingin memakai jasa blog kita. Selain meraup rupiah keterampilan dalam menulis akan meningkat, seperti halnya pisau semakin diasah maka semakin tajam, jika blog ingin tetap maju dan terus berkembang kita harus menulis secara rutin minimal seminggu sekali.

Tentukan Niche Sebelum Membuat Blog

Menentukan niche atau tema dapat membantu seorang blogger mengupas topik secara mendalam. Jika niche blog yang dipilih adalah keahlian anda sendiri, hal tersebut menjadi kelebihan karna kita tidak perlu mencari-cari lagi topik untuk membuat artikel baru. Jika mesin pencarian seperti Google sudah memberikan posisi terbaik di halamannya maka blog kita akan dikenal dan menjadi rujukan. Dalam Teknik SEO membidik kata kunci (keyword) tertentu akan lebih mudah jika menggunakan niche. Jenis niche yang saat ini banyak dipakai oleh seorang blogger adalah dunia kuliner, wisata, teknologi, dan masih banyak lagi.

Mengenal Blogger 

Blogger.com merupakan platform gratis, platform blog pertama yang populer dikalangan blogger pemula dan bahkan masih digemari oleh blogger yang sudah mendalami ilmu blog oleh beberapa blogger (Blogspot). Kelebihan menggunakan blogger.com pertama gratis, fiturnya lengkap dan tidak memerlukan plug in seperti platform Wordpress. Anda tidak akan menemukan iklan di blogger serta relatif mudah digunakan. Satu akun blog bisa membuat blog maksimal sebanyak 100 blog, akan aman karna dikelola oleh Google. Jika blog sudah memadai dan memiliki banyak pengunjung anda akan mudah untuk menghasilkan uang karna terintregasi dengan Adsense. Sudah tersedia beberapa tema dan juga mudah menemukan tema/template sesuai keinginan, banyak pilihan mulai dari yang gratisan hingga premium.


Langkah - Langkah Membuat Blog di Blogger

Banyak juga blogger sukses yang sudah memulai blognya dari jaman dulu. Sekarang kesempatan anda untuk membuat blog anda sendiri di blogger secara gratis tanpa biaya, pada artikel kali saya akan memberikan langkah - langkah membuat akun blogger dan mulai menulis artikel sesuai kemampuan yang ingin dibagikan lewat tulisan. Setelah mengenal blogger akhirnya kita sampai di topik utama, yaitu cara membuat blog. Simak cara membuat blog di blogger:

  1. Pertama kunjungi blogger.com anda akan disuguhkan tampilan halaman blog seperti gambar dibawah ini, pilih Login atau Buat Blog.

    cara mudah membuat blog di blogger
  2. Jika anda sudah mempunyai Akun Google, silahkan langsung masukan email serta passwordnya. Jika belum silahkan buat akun terlebih dahulu, karna blogger hanya bisa login menggunakan akun Google. Setelah itu tulis nama profile blog anda dan lanjutkan ke langkah berikutnya.
  3. Dihalaman dashboard blogger tekan "BUAT BLOG BARU" selanjutnya isi judul blog anda sesuai niche atau tema blog anda, masukan alamat url blog anda. Karna gratisan anda hanya bisa membuat alamat dengan url blogspot.com. Pilih tema dan buat blog.
    buat blog baru di blogger

    buat judul blog dan alamat url blog

  4. Blog sudah berhasil dibuat, karna blog masih baru sekarang kita perlu membuat artikel dengan memilih Entri Baru, Entri Baru memiliki fungsi untuk membuat artikel.
    membuat entri baru blogger
  5. Buatlah artikel pertama anda, bisa dengan kata sambutan selamat datang atau langsung membuat artikel yang berkualitas. Seperti pada gambar dibawah bagian-bagian yang ditandai panah merah memiliki fungsi yang berbeda-beda. Di Lebel diisi dengan katagori artikel tertentu contoh anda membuat artikel tentang "Cara Mengedit Foto" maka lebel yang harus diisi adalah Editing. Setelah judul dan isi artikel dibuat tekan Publikasikan agar artikel bisa langsung dibaca.
    fungsi bagian blog untuk membuat artikel
  6. Selamat anda berhasil membuat artikel pertama anda, sekarang anda bisa melihat blog dengan mengetikan alamat blog anda di browser, atau tekan Lihat Blog.
Itulah cara membuat blog, semoga mambantu anda blogger pemula dan kita sama-sama belajar agar pembaca dari negara tercinta kita ini lebih pintar dengan menghasilkan blogger-blogger yang cerdas dengan memberikan informasi yang bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Blog di Blogger Gratis Terbaru 2021"