Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar dan Verifikasi Situs ke Google Console Terbaru

Cara Mendaftarkan Blog ke Search Console

Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya, setelah membuat blog hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mendaftarkan blog ke mesin pencari melalui google console. Search Console adalah layanan gratis dari google untuk membantu para blogger memantau keberadaan blog agar tetap terindex di google search. Mendaftakan blog ke search console tidaklah wajib, namun jika anda ingin mengetahui bagaimana google membaca blog anda, dan proses index akan lebih cepat.

Google Search Console membantu memperbaiki halaman error 404 yang sudah tidak tersedia, halaman error tersebut dikatagorikan broken link. Anda bisa mengeksplorasi search console lebih jauh, langsung saja ke topik utama berikut ini cara daftar dan verifikasi situs atau blog di search console.

Cara Menambahkan & Verifikasi Blog atau Website ke Google Search Console

Memanfaatkan search console adalah dengan mendaftarkan blog anda dan melakukan verifikasi kepemilikan search console. Untuk masuk ke halaman tools search console anda harus memiliki akun google sama seperti saat membuat blog baru. Fitur Crawl dan Google Index adalah bagian fitur yang cukup membantu. 
  1. Pertama-tama anda buka Search Console lalu masukan url blog anda dibagian Awalan URL seperti pada gambar dibawah, lalu klik Terus.

    Menambahkan Situs ke Search Console
  2. Selamat anda sudah melakukan verifikasi kepemilikan secara otomatis karna menggunakan akun google yang sama dengan blog yang didaftarkan, selanjutnya pilih Buka Properti.
    Verifikasi Kepemilikan Situs Berhasil
  3. Berikutnya pada bagian Setelan Properti pilih Verifikasi Kepemilikan > Tag HTML. Salin semua code yang berada di form kotak lalu tambahkan tepat dibawah kode <head> pada pengaturan template di blogger.
    Salin Tag HTML Search Console
  4. Paste dibawah <head> seperti gambari dibawah ini, lalu simpan template dan kembali lagi ke console tekan Verifikasi.
    Menambahkan HTML Tag Search Console ke Situs
  5. Jika berhasil tampilan akan seperti gambar yang saya tandai berwarna merah, selesai anda tinggal menggunakan Search Console.
    Verifikasi Tag HTML Search Console

Kesimpulan:

Itulah cara mendaftarkan blog ke search console, mudah bukan? semoga situs anda cepat terindex oleh google dan lebih bisa memanfaatkan tools gratis ini secara maksimal.

Posting Komentar untuk "Cara Daftar dan Verifikasi Situs ke Google Console Terbaru"