Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambahkan Repository CD/DVD di Debian

cara menambahkan repository dvd di debian

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi bagaimana cara menambahkan dvd atau iso debian ke repository debian. Dvd debian mempermudah untuk mengunduh paket-paket saat ingin menginstall aplikasi pada debian karna sudah tersedia di dvd 1, dvd 2, dan dvd 3. Install debian di virtualbox lalu siapkan 3 iso atau dvdnya selanjutnya ikuti langkah berikut ini. Cara ini sering dilakukan oleh seorang yang sedang belajar teknik komputer jaringan melalui aplikasi virtualbox, jika anda menggunakan komputer langsung yang terinstal debian langkah-langkahnya hampir sama hanya saja anda harus memasukan cd/dvd debian melalui CD-ROM.

Langkah - Langkah Menambahkan Repository CD/DVD di Debian:

1. Login ke user pengguna sebagai root ketik perintah su lalu masukan password debian anda.
    menambahkan repository dvd di debian

    2. Masukan dvd 1 pada virtualbox pilih ke bagian Device > Optical Drives > Choose disk image.. pilih dimana tempat anda menyimpan dvd 1.

    3. Ketik perintah tambahkan cdrom agar langsung masuk ke daftar repository, perintahnya "apt-cdrom add" tekan enter lalu ketik kembali perintah mengeluarkan dvd "eject" lakukan hal yang sama untuk dvd 2 dan dvd 3. Masukan dvd 2 ketik perintah cdrom add lalu eject.

    add cdrom

    4. Terakhir lihat apakah semua cdrom berhasil terpasang, ketik perintah "nano /etc/apt/sources.list" lalu akan ada tiga baris deb cdrom satu sampai tiga itu artinya semua dvd debian sudah terpasang. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini:

    menambahkan repository cdrom debian

    repository debian

    Kesimpulan

    Penambahan cdrom debian sudah selesai, yang harus anda lakukan adalah menginstall apa saja yang anda butuhkan seperti DNS Server, DHCP Server, dll.