Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jenis Desain Grafis dan Perbedaannya

Desain Grafis

Bagi anda seorang desainer grafis, mungkin sudah tidak asing dengan apapun yang berhubungan dengan tipografi, ilustrasi, dan juga fotografi. Desain grafis adalah proses mengombinasi seperti yang sudah disebutkan sebelumnya tipografi, ilustrasi, fotografi dan juga cetak untuk tujuan mengajak (persuasif). Tetapi apakah anda sudah mengenal desain grafis lebih dalam lagi? seperti jenis-jenis desain grafis. Disebut sebagai desain komunikasi visual karena peran desain grafis untuk menyampaikan sebuah pesan dan informasi kepada audiens dengan menggunakan unsur visual yang sangat kental. 

Saat ini desain grafis sering dikatagorikan sebagai commercial art, paduan antara seni rupa dan komunikasi untuk tujuan bisnis. Pada artikel ini kami akan memberikan informasi kepada anda tentang jenis-jenis desain grafis saat ini:

Desain Grafis identitas visual

Sistem identitas visual adalah suatu sistem komunikasi visual yang membentuk suatu identitas dari perusahaan, lembaga, dan juga produk. Identitas visual sering digunakan untuk membedakan beberapa produk atau jasa yang sama dengan milik pesaing sehingga costumer dapat dengan mudah mengidentifikasi suatu merek hanya dengan melihat sebagaian dari tampilan visualnya saja. 

Desain Antar Muka (User Interface)

Desain Antar Muka atau biasa juga disebut dengan (UI) adalah bagaimana pengguna dapat berinteraksi dengan perangkat ataupun aplikasi, UI mencangkup semua hal yang berinteraksi dengan pengguna layar, keyboard, dan mouse.

Dalam konteks desain grafis khususnya desain UI berfokus pada pengalaman visual pengguna dan desain elemen grafis di layar, contohnya tombol, menu, mikro - interaksi, dan masih banyak lagi. Ini adalah pekerjaan dari seorang desainer UI untuk menyeimbangkan daya tarik estetika dengan fungsi teknis.

Desain grafis pemasaran & periklanan

Suatu perusahaan memiliki suatu produk yang ingin dikenal oleh masyarakat tentunya bergantung pada upaya pemasaran dan periklanan. Pemasaran dan periklanan bertujuan untuk membujuk setiap masyarakat untuk mengambil keputusan untuk membeli suatu produk atau tidak. Tentunya kontek visual yang menarik dan dengan ide yang semerlang akan mempengaruhi seseorang untuk memutuskan membeli sebuah produk, dan terjadi close order.

Desain Kemasan (packing)

Sebagai besar produk memerllukan beberapa kemasan untuk melindungi dan juga menyiapkan untuk penyimpanan, distribusi, penjualan. Tetapi desain kemasan berperan penting untuk dapat berkomunikasi langsung dengan konsumen, yang menjadikan alat pemasaran yang sangat berharga. Setiap kotak, botol, dan tas, setiap kaleng wadah, atau tabung adalah kesempatan kisah tentang suatu merek produk. 

Dengan konten visual yang menarik, desainer grafis dapat membantu organisai mempromosikan dan mengkomunikasikan produk mereka.

Ada banyak spesial desain grafis yang terbagi menjadi beberapa bagian, penjelasan diatas hanya bagian kecilnya saja. Semoga informasi ini dapat membantu anda menemukan pekerja desain grafis yang tepat untuk bisnis dan juga usaha anda.

Posting Komentar untuk "Mengenal Jenis Desain Grafis dan Perbedaannya"