Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hati-Hati! Ini Ciri Whatsapp Kamu sedang Disadap

Cara kembalikan chat wa yang terhapus tidaklah sulit dan ada banyak manfaatnya salah satu yang paling terpenting adalah bisa mengembalikan chat an wa atau dokumen penting yang sudah dikirim.

Dan berbicara mengenai chat wa atau aplikasi chat untuk mengirim pesan tak dipungkiri lagi bahwa Kasus kejahatan cyber terus menerus meningkat. Jika sebelumnya para pelaku mengirimkan email berisi malware atau menggunakan web phising, kini ada lagi yang baru yaitu penyadapan aplikasi Whatsapp. 

Bagi kamu yang menggunakan Whatsapp harus lebih berhati-hati lagi. Apalagi chat Whatsapp bisnis yang berisi pesan penting. Privasi seseorang juga terganggu dan menimbulkan ketidaknyamanan dalam berkomunikasi. 

Ini Ciri Whatsapp Kamu sedang Disadap

Kenali ciri-ciri Whatsapp kamu sedang disadap agar bisa segera mengatasinya. 

Ciri-Ciri Whatsapp sedang Disadap yang Harus Diwaspadai

Kamu bisa mengetahui kapan aplikasi Whatsapp yang terpasang di hp sedang dimonitori oleh orang lain. Whatsapp sendiri telah memasang fitur enkripsi agar pesan tidak bisa terbaca oleh orang lain. 

mun jika seseorang menyadap ponsel maka mereka akan mendapatkan akses leluasa ke aplikasi Whatsapp. Tentu saja tujuannya tidak baik karena mereka bisa mengakses ke chat yang sifatnya pribadi. 

Ada beberapa ciri yang bisa kamu perhatikan jika terjadi keanehan pada aplikasi. Karena bisa saja aplikasi Whatsapp kamu sedang disadap tanpa disadari. 

1. Pesan yang masuk telah terbaca

Aktifkan mode pesan terbaca di Whatsapp dan kamu akan langsung tahu apakah aplikasi sedang disadap. Pesan yang masuk akan muncul centang biru padahal kamu merasa belum pernah membukanya sama sekali. 

Hal yang sama juga terjadi ketika status online terakhir waktunya tidak sama ketika terakhir kali kamu menggunakannya. Jika sudah muncul tanda-tanda ini kamu patut curiga. 

2. Keluar dari perangkat dengan sendirinya

Aplikasi Whatsapp tidak bisa dibuka di dua perangkat secara bersamaan. Jika ada yang mengakses akun Whatsapp kamu maka otomatis yang saat ini kamu gunakan akan keluar dengan sendirinya. 

Ketika kamu membuka Whatsapp maka akan muncul pesan yang isinya nomor telepon kami tidak lagi terdaftar, mungkin karena telah didaftarkan ke telepon lain. Jangan langsung tekan oke jika muncul pesan tersebut tapi pilih verifikasi. 

Tujuannya agar tidak terjadi pemindahan akun ke perangkat lainnya tetapi melalui proses verifikasi terlebih dahulu. 

3. Mendapat kiriman OTP

Kamu merasa tidak masuk ke aplikasi Whatsapp ke ponsel lain, tapi mendapat kiriman kode OTP berupa 6 digit. Jangan menyerahkan kode tersebut ke orang lain karena nomor Whatsapp milikmu bisa jadi sedang proses kloning. 

Para pelaku biasanya akan menghubungi kamu dengan berbagai alasan untuk mendapatkan kode OTP tersebut. Jadi pastikan kamu tidak memberikannya. Banyak yang sudah terkena jebakan ini, jadi kamu perlu mewaspadainya. 

4. Pesan yang dikirim ke kontak asing

Satu lagi ciri yang sudah dipastikan Whatsapp sedang disadap adalah adanya pengiriman pesan ke kontak yang terasa asing. Padahal kamu tidak merasa pernah mengirim apalagi kenal dengan kontak tersebut. Apabila ciri ini terjadi maka kamu harus segera melakukan tindakan untuk mengatasinya. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi Whatsapp yang sedang disadap. 

Pertama, menonaktifkan akun dengan mengirim email ke support Whatsapp. Kamu bisa menuliskan hilang atau dicuri dan nonaktifkan akun. Cara kedua adalah mengaktifkan pemindaian sidik jari. Ketika sidik jari sudah diaktifkan maka aplikasi Whatsapp yang dibuka di perangkat lain akan langsung keluar. Ketiga adalah dengan logout Whatsapp dari semua perangkat termasuk perangkat yang sedang kamu gunakan. Kemudian kamu bisa instal ulang Whatsapp dan mengaktifkannya kembali beserta pemindaian sidik jari. Terakhir adalah mengaktifkan verifikasi dua faktor yang ada di bagian pengaturan. 

Berhati-hati menggunakan aplikasi saat ini sudah harus jadi kebiasaan. Demi melindungi hal-hal yang sifatnya pribadi, termasuk dalam menggunakan alat komunikasi. 

2 komentar untuk "Hati-Hati! Ini Ciri Whatsapp Kamu sedang Disadap"