Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Winbox MikroTik, Fungsi serta Kegunaannya

Pengertian Winbox

Winbox adalah software yang digunakan untuk konfigurasi Mikrotik RouterOS menggunakan GUI. Dengan menggunakan GUI konfigurasi akan menjadi lebih mudah, winbox sendiri dapat berjalan pada sistem operasi windows dan berbentuk portable binary. Jadi ukuran winbox biasanya lebih kecil dan tidak banyak memakan memory, winbox jyga dapat berjalan di MacOS (OSX) dan juga pada Linux tetapi perlu menggunakan Wine.  

Semua fungsi winbox hampir sama dengan fungsi konsol (command line). Namun juga ada beberapa fungsi yang tidak dapat di konfigurasi di dalam winbox seperti mengganti MAC Address pada suatu interfaces. 

Fungsi Winbox

Berikut ini fungsi dan cara penggunaan winbox mikrotik, yang perlu anda ketahui sebagai pengguna Router mikrotik dan alat mikrotik lainnya. Winbox dapat connect dengan mudah dengan router, berdasarkan ip dan juga mac address dari router yang akan digunakan. Anda dapat dengan mudah melakukan konfigurasi mikrotik dengan menggunakan winbox, seperti contohnya salah satu fitur session yang menyimpan sesi konfigurasi, dan masih banyak lagi. Selain menggunakan Winbox untuk melakukan administrasi, Anda juga dapat menggunakan Webbox, sistem administrasi Mikrotik RouterOS berbasis web.

Baca Juga: Cara Download Winbox MikroTik versi Terbaru 2021

Berikut ini adalah screenshot tampilan winbox:

Pengertian Winbox

Fitur Winbox Mikrotik 

Beberapa fitur penting yang ada pada winbox, berikut ini futurnya:

1. Remote Router MAC Address dan IP Address

adalah salah satu fitur yang berfungsi untuk melakukan remote menggunakan MAC-Address maupun IP-Address. Remote sebaiknya menggunakan MAC-Address sebelum Router memiliki IP Address, jadi kita dapat melakukan konfigurasi IP Address setelah dapat login melalui winbox.

2. Fitur Safe Mode

Fitur safe mode biasa digunakan oleh seseorang yang mencoba suatu fitur tetapi kadang melakukan kesalahan setting yang mengakibatkan winbox putus atau tidak dapat diakses. Dengan menggunakan fitur safe mode anda dapat meminimalkan kesalahan konfigurasi dengan menggunakan tombol safe mode.

3. File Management

Saat ini jika anda menggunakan winbox versi terbaru, anda dapat menambahkan file ke dalam router langsung menggunakan winbox. Dulu anda harus menggunakan software FTP, tetapi sekarang dapat dengan mudah dengan File Management.

Itulah beberapa fungsi, dan pengertian winbox. Semoga dapat membantu. 

Posting Komentar untuk "Pengertian Winbox MikroTik, Fungsi serta Kegunaannya"