Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Printer Ink Jet, Kelebihan serta Kekurangannya

Printer memiliki fungsi sebagai alat pencetak yang menggunakan kertas sebagai medianya, tidak hanya itu printer sering kita temui di kantor, sekolah, dan tempat bisnis lainnya. Printer sendiri dibagi menjadi 3 jenis, yaitu Dot Metrix, Printer Ink Jet, dan Printer Laser Jet. Dari 3 jenis printer tersebut, pada artikel kali ini kita akan membahas secara lengkap tentang Printer Ink Jet. Mungkin bagi anda yang sering mendengar printer memiliki fungsi untuk mencetak teks dan gambar/grafik, diatas kertas. Tetapi masih ada jenis printer yang belum kita ketahui seperti Printer Ink Jet. Apa itu Printer Ink Jet? berikut ini kelebihan serta kekurangan Printer Ink Jet. 

Pengertian Printer Ink Jet

Pengertian Printer Ink Jet, Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Printer Ink Jet adalah alat cetak yang menggunakan tinta untuk mencetak, Inkjet yang tersedia dibanyak toko atau pasar saat ini mimiliki kemampuan untuk mencetak kertas dengan ukuran yang sangat besar. Dengan kualitas yang cukup baik printer inkjet menjadi pilihan para pengguna printer untuk mencetak dokumennya di kertas yang besar. Resolusi Printer ini mencapai 5760×1440 dpi, yang membuat printer inkjet menjadi salah satu printer yang mempu mencetak dikertas yang besar. Printer ink jet memiliki teknologi yang canggih, seperti teknologi dor on damand, yaitu teknologi yang mempu menyeprotkan titik-titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. 

Teknologi lainnya yang dimiliki Printer Ink Jet yang dikembangkan oleh salah satu produsen printer yang cukup terkenal yaitu Canon dan HP menggunakan panas, panas disini yaitu dapat membuat gelembung-gelembung tinta sehingga jika semakin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak pada kertas yang diletakan pada printer ink jet. Karena menggunakan tinta cairan hasil cetakannya menunggu beberapa detik agar bisa kering.

Kelebihan Printer Ink Jet

Berikut ini adalah beberapa kelebihan atau keunggulan dan manfaat yang bisa diperoleh saat menggunakan Printer jenis Ink Jet, diantaranya sebagai berikut:

  • Mampu menghasilkan cetakan dengan kualitas tinggi, baik itu berupa gambar atau foto. Bahkan jika anda menggunakan kertas foto, Ink jet mampu menghasilkan cetakan foto berkualitas baik dan jelas.
  • Pekerjaan tinggi untuk pekerjaan yang ringan
  • Harga lebih murah
  • Dapat mencetak langsung dari kamera digital atau media car lainnya tergantung type dari printer tersebut.

Kekurangan Printer Ink Jet

Tak hanya kelebihan dan keunggulannya, printer ink jet juga memiliki kekurangan diantaranya sebagai berikut:
  • Printer ink jet tercepat pun tidak dapat menandingi printer jenis laser jet paling lambat
  • Cartidge tinta relative kecil sehingga harus sering diganti
  • Harga cetak perhalaman lebih tinggi dibanding dengan printer laser
  • TInta bisa lentur saat belum kering atau terkena cairan, Tulisan menjadi blur dan tinta akan luntur, tidak seperti hasil cetakan yang dihasilkan printer laser yang tidak menyebabkan tulisan luntur ketika terkena air.

Posting Komentar untuk "Pengertian Printer Ink Jet, Kelebihan serta Kekurangannya"