Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install OBS di Ubuntu & Linux Mint

Cara Install OBS di Ubuntu & Linux Mint

Open Broadcaster Software biasa disebut OBS adalah software gratis yang memiliki fungsi sebagai recording layar dan juga live streaming, kebanyakan dari mereka yang melakukan Live di Youtube menggunakan OBS. Seperti streamer gaming channel dan masih banyak lagi. Pada kesempatan ini izinkan saya membagikan cara bagaimana menginstall OBS di Distro Linux seperti Ubuntu dan juga Linux Mint. Ternyata OBS dapat dijalankan di Linux, kenapa tidak? OBS dapat berjalan di OS Linux. Tentunya bagi saya pengguna Linux sangat terbantu dengan adanya OBS, karna OBS kompetibel dengan berbagai jenis server straming seperti Wowza media server, terlebih lagi cara penggunaanya pun sangat mudah.

System Requirements Linux/Unix:

  • OpenGL 3.3 compatible GPU
  • X window system

Oke tidak berlama-lama lagi, seperti biasa saya akan memberikan Tutorial Install OBS di Linux menggunakan perintah di terminal dengan menambahkan PPA lalu di-update kemudian di Install OBS-Nya.

Langkah - Langkah Instalasi OBS di Linux

xserver-xorg versi 1.18.4 atau yang lebih terbaru disarankan karna untuk menghindari msalah saat kinerja dengan fitur tertentu di OBS. Berikut ini langkah-langkah cara install OBS di Ubuntu dan Linux Mint:

  1. Buka Terminal tekan Ctrl + T pada keyboard lalu jalankan perintah "sudo apt install ffmpeg" kemudian Enter, jika diminta password user Linux masukan dan tekan Enter untuk melanjutkan.
  2. Berikutnya kita menambahkan PPA repository dari obs-studio dengan menjalankan perintah "sudo add-apt-repository ppa:obsproject/obs-studio", untuk menambahkan repository agar saat menjalankan perintah install dapat berjalan
  3. Selanjutnya jalankan perintah "apt-get update" untuk mengupdate ppa yang baru saja ditambah
  4. Terakhir jalankan perintah install OBS dengan mengetikan perintah "sudo apt install obs-studio" dan tunggu sampai proses download dan Install OBS selesai.
    Install OBS Linux
  5. Itulah cara install obs di linux, berikutnya anda bisa langsung membukanya di pencarian Apikasi pada Ubuntu / Linux Mint anda.
OBS Linux


Bagi anda yang menggunakan distribusi selain Ubuntu dan Linux Mint, anda bisa membaca Install Instructions Linux OBS untuk menemukan cara install obs di linux di semua distro yang anda gunakan. Semoga membantu.

Posting Komentar untuk "Cara Install OBS di Ubuntu & Linux Mint "