Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-Macam Penyimpanan Eksternal Pada Komputer

Pada kesempatan ini izinkan saya untuk membagikan Macam-macam atau kumpulan penyimpanan Eksternal yang digunakan di komputer, penyimpanan eksternal adalah peranti yang dapat menyimpat data secara permanen. Dengan adanya penyimpanan ekternal kita tidak perlu takut jika data hilang, karna tidak seperti penyimpanan internal yang langsung menyambung di komputer kita. Jenis media penyimpanan ekternal data bermacam-macam, pada kesempatan ini akan kita bahas dalam 9 Macam Penyimpanan Eksternal.

Seperti kita ketahui penyimpanan ekternal yang paling sering kita temui adalah flashdisk dan harddisk external, kedua hardware tersebut memiliki fungsi yang hampir sama namun ukuran penyimpanannya berbeda. Kelebihan penyimpanan eksternal adalah mudah dibawa kemana-mana. Untuk lebih mengenal lagi tentang penyimpanan ekternal mari kita bahas macam-macam penyimpanan eksternal pada komputer.

Media Penyimpanan Eksternal

1. Hard Disk Eksternal

Hard disk eksternal adalah penyimpanan yang mudah untuk di ganti atau removable, biasanya hard disk ini digunakan pada personal komputer atau sebagai penyimpanan tambahan untuk komputer dan juga laptop. Hard disk terdapat pada komputer dan laptop, dan juga suatu peralatan elektronik yang membutuhkan kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Hard disk juga terbagi menjadi dua yaitu Hard Disk Eksternal dan juga Hard Disk Internal.

2. Floppy Disk

Floppy Disk atau lebih dikenal dengan nama Disket, adalah media diska penyimpanan magnetis tipis dan juga fleksibel. Disket di buat bertujuan untuk mempermudah perpindahan data dengan ukuran kecil ke komputer lain nya. Ukuran Disket 5 ¼ inci (133 mm) dan 3 ½ inci (90 mm) adalah bentuk standar dari alat penyimpan data ini yang berkembang sejak pertengahan 1970-an hingga 2000-an.

3. Zip Disk

Zip Disk adalah perangkat yang tidak jauh beda dengan disket atau floppy disk namun kelebihan dari Zip Disk adalah memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar dibanding disket. disk zip memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 100 MB, tetapi kemudian ditingkatkan menjadi 250 mb dan kemudian 750 mb yang terus berkembang.

4. Piringan Optik

Piringan optik atau (optical disk) adalah piringan yang dapat menampung data hingga ratusan sampai rubuang kali daya tampung dalam disket. Piringan optik berupa CD atau DVD, media penyimpanan ini sering kita temukan untuk digunakan dalam berbagai keperluan. 


5. Flash Disk USB

Flash Disk merupakan peranti yang paling banyak digunakan oleh banyak orang karena dengan ukurannya yang kecil namun sudah memiliki kapasitas penyimpanan data yang sangat luar biasa besar. Media ini paling banyak digunakan oleh orang-orang penyimpanan yang cukup kecil namun kegunaanya sangat bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Macam-Macam Penyimpanan Eksternal Pada Komputer"