Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merubah IP Address di Ubuntu Linux

Pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara merubah atau mengganti IP Address di Ubuntu Linux, caranya sama saja untuk Ubuntu Server dan Ubuntu Desktop melalui CLI / Terminal dengan menjalankan perintah nano yang diarahkan ke direktori interfaces. Anda bisa bebas merubah ip address di Ubuntu Server dan Ubuntu Desktop menggunakan tutorial dibawah ini.

IP Address Ubuntu Linux

Cara Merubah IP Address di Ubuntu Server dan Ubuntu Desktop:

Hal yang pertama harus anda lakukan jika anda menggunakan Ubuntu Server anda harus login terlebih dahulu dengan memasukan user dan password Ubuntu Server anda. Jika anda menggunakan Ubuntu Desktop buka Terminal dengan menekan Ctrl + Alt + T, maka secara otomatis Terminal akan terbuka. Langkah selanjutnya ikuti tutorial ini:
  1. Ingat anda harus berada di user root~#, untuk dapat merubah interfaces. Jalankan perintah sudo su lalu masukan password Ubuntu anda.

    root ubuntu linux
  2. Berikutnya jalankan perintah nano /etc/network/interfaces, lalu tekan Enter. anda akan dibawa kehalaman setting IP Address DHCP dan juga IP Address Static (Manual).

    Interfaces Linux
  3. Lalu pada iface eth0 dhcp ubah kata dhcp menjadi static lalu pada baris baru masukan ip address serta netmask jika dibutuhkan.
Contoh Sebelum:
#the primary network interface
allow-hotplug eth0
ifae eth0 inet dhcp

Contoh Sesudah:

#the primary network interface
allow-hotplug eth0
ifae th0 inet static
ip address 192.168.1.1
netmask 255.255.255.0

Simpan dan Restart Network

  1. Jika sudah diubah jangan lupa simpan dengan menekan Ctrl + O Lalu Ctrl + X, Enter.
  2. Berikutnya jalankan perintah /etc/init.d/networking restart dan ifconfig, untuk restart dan melihat apakah ip address sudah berubah atau belum.

Posting Komentar untuk "Cara Merubah IP Address di Ubuntu Linux "