Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat dan Kegunaan Microsoft Word yang Perlu Diketahui

Menyelesaikan suatu pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan kata terkadang memerlukan waktu dan tenaga ekstra. Namun tugas tersebut bisa Anda selesaikan dengan lebih mudah menggunakan aplikasi serbaguna yakni Microsoft Word. Lalu, apa saja manfaat dan kegunaan

Manfaat dan Kegunaan Microsoft Word yang Perlu Diketahui

Microsoft Word dalam menyelesaikan pekerjaan?

Perangkat lunak milik perusahaan raksasa Microsoft ini merupakan program komputer yang sangat umum digunakan oleh siapapun. Tak hanya para pekerja kantoran, bahkan Microsoft Word juga jamak dimanfaatkan oleh pelajar dan mahasiswa. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai fungsi beserta manfaat Microsoft Word yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Microsoft Word

Microsoft Word hingga kini masih menjadi pemuncak software komputer untuk olah kata yang paling banyak digunakan masyarakat dunia. Penggunaan Microsoft Word memang terbukti membantu banyak pekerjaan menjadi lebih mudah dan efektif. Inilah beberapa manfaat Microsoft Word yang sudah dirangkum untuk Anda.

1. Mempermudah Pekerjaan

Hadirnya Microsoft Word dapat mempermudah Anda dalam menyelesaikan pekerjaan, terutama yang berhubungan dengan pembuatan dokumen. Microsoft Word memungkinkan Anda untuk membuat berbagai macam dokumen sesuai kebutuhan. Dokumen yang dibuat dengan Microsoft Word juga bisa disimpan di komputer sehingga akan lebih mudah ditemukan saat Anda memudahkannya
Terlebih lagi program komputer ini dilengkapi dengan tool-tool canggih yang mendukung pembuatan dokumen penulisan sesuai keinginan. Salah satu yang paling diperlukan saat ini adalah manfaat Microsoft Word dalam dunia bisnis yang akan memudahkan Anda dalam menjalin hubungan dengan klien dan kolega.

2. Menghemat Waktu dan Tenaga

Membuat dokumen menggunakan Microsoft Word memungkinkan Anda untuk menyelesaikannya dalam waktu yang relatif cepat. Apalagi jika Anda diharuskan membuat dokumen dalam jumlah banyak. Salah satu fitur yang tersedia di Microsoft Word adalah mail merge yang memungkinkan Anda berkirim surat dalam jumlah banyak tanpa memerlukan banyak waktu dan tenaga.

Berbeda dari pembuatan dokumen secara manual, Microsoft Word memungkinkan Anda melakukan self-editing tanpa harus membuat dokumen baru. Ini tentunya membuat Anda lebih hemat waktu dan tenaga.

3. Mengurangi Penggunaan Kertas

Dokumen yang dibuat dengan Microsoft Word bisa disimpan dalam file tersendiri sehingga Anda tidak selalu memerlukan kertas untuk pencetakan dokumen. Namun bila harus dicetak, Anda bisa melakukan pengecekan hingga benar-benar bebas dari kesalahan sebelum dokumen tersebut dicetak. Dengan demikian, penggunaan kertas pun bisa diminimalisir.

Kegunaan Microsoft Word dalam Pekerjaan

Kegunaan atau fungsi Microsoft Word dalam pekerjaan adalah untuk pengolahan kata. Semua pekerjaan yang berhubungan dengan olah kata bisa diselesaikan dengan lebih mudah dan cepat menggunakan bantuan software ini.

1. Membuat Surat Menyurat

Surat menyurat merupakan pekerjaan yang sangat umum, sehingga sering dilakukan banyak orang. Anda dapat membuat surat dalam jumlah banyak sekaligus baik untuk keperluan formal maupun non formal dengan bantuan Microsoft Word.

2. Membuat Dokumen Sesuai Kebutuhan

Berbagai output olah data kata seperti laporan, skripsi, hingga tugas sekolah bisa dibuat dengan Microsoft Word. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur dan tool yang memungkinkan Anda membuat variasi tulisan, tabel, memasukkan gambar dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan dokumen yang Anda inginkan.

Baca Juga: Cara Menggabungkan Banyak Dokumen Word Menjadi Satu Dokumen

3. Penyimpanan Dokumen

Fungsi yang satu ini tidak kalah penting, yaitu untuk menyimpan dokumen dalam bentuk soft file. File dokumen tersebut bisa Anda simpan dalam folder-folder khusus sehingga lebih mudah ditemukan saat dibutuhkan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan penyuntingan jika dokumen yang sudah ada memerlukan beberapa perubahan.

Itulah manfaat dan kegunaan Microsoft Word untuk pekerjaan sehari-hari. Dengan memanfaatkan program yang satu ini, Anda bisa menyelesaikan semua pekerjaan dengan lebih mudah, cepat, serta efisien.

Posting Komentar untuk "Manfaat dan Kegunaan Microsoft Word yang Perlu Diketahui"