Apa Itu VPN? Pengertian, Cara Kerja & Kegunaannya

Anda mungkin pernah menggunakan VPN, misalnya saat ingin streaming. Namun, apakah Anda tahu apa itu VPN? Simak informasi berikut untuk tahu lebih lengkapnya.

Pengertian VPN

Pengertian dari VPN

Virtual Private Network lebih dikenal dengan VPN. Pengertian VPN adalah cara aman agar dapat mengakses local network di jangkauan tertentu menggunakan jaringan internet. Dengan begitu, secara personal atau pribadi, Anda bisa melakukan transmisi data paket.

Dengan kata lain, VPN membuat komputer, smartphone, tablet dapat terhubung ke internet sehingga Anda bisa berinternetan. Namun, ada beberapa negara yang menggunakan server yang berbeda yang membuat Anda tidak bisa mengakses website tertentu.  Jadi, jika Anda ingin mengakses website tersebut, misalnya untuk streaming, Anda harus menggunakan VPN yang dipergunakan di negara tersebut.

Bagaimana VPN Bekerja?

Cara kerja VPN pada dasarnya adalah dengan enkripsi pertukaran data. Enkripsi tersebut terjadi dengan sangat cepat bahkan sebelum koneksi public membaca pertukaran data. Setelah itu, data akan diteruskan ke VPN

Dari VPN Server inilah data baru akan diteruskan ke tujuan Anda, misalnya ke website yang Anda ingin buka. Karena Anda menggunakan VPN, maka website yang Anda tuju menganggap jika Anda berasal dari VPN server dan lokasi penggunaannya. Jadi, walaupun Anda dari Indonesia dan Anda menggunakan VPN SIngapore, website akan menganggap Anda dari Singapura.

Secara umum, gambaran alur VPN adalah internet <-> VPN server <-> VPN Client <-> client.  Gambaran alur tersebut berbeda jika Anda menggunakan internet untuk menghubungkan 2 komputer secara private.

Gambarannya adalah  komputer A <-> VPN client <-> internet <-> Vpn server <-> VPN client <-> komputer B. Jadi, dalam penggunaan VPN, adanya VPN server memegang kendali yang sangat penting karena akan meneruskan koneksi Anda ke website tujuan. Jadi, jika Anda akan menggunakan VPN, pilih jenis VPN dengan server yang baik dan memadai. Tujuannya adalah agar koneksi Anda menjadi menjadi lancar.


Penggunaan dan Manfaat VPN

Banyak alasan mengapa masyarakat seperti di Indonesia menggunakan VPN. Diantaranya adalah:
  • Mengakses konten hiburan yang dibatasi. Misalnya yang tidak bisa dibuka di Indonesia.
  • Mengakses layanan berita atau situs jaringan sosial.
  • Membuat Anda tetap anonym ketika menggunakan internet.
  • Mengakses layanan atau situs atau file ketika bekerja.
  • Mengakses situs unduhan ataupun torrent yang dibatasi.
  • Agar tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga atau teman di luar negeri.
  • Mendapatkan koneksi yang lebih aman. Apalagi saat Anda menggunakan menggunakan wifi public.
Penggunaan VPN yang terpercaya akan membantu Anda terutama untuk perusahaan agar data tetap aman. Selain itu, manfaat penggunaan VPN yang akan Anda dapatkan, diantaranya adalah:
  • ByPass: Anda bisa melewati pembatasan geografis terhadap situs yang dibatasi oleh pemerintah.
  • Pengamanan data di jaringan public terutama ketika Anda menggunakan wifi public, misalnya saat di cafĂ©.
  • Mengamankan informasi pribadi. Hal ini karena VPN bisa membantu menyembunyikan lokasi Anda secara real time. Dengan begitu, lokasi Anda akan susah untuk terdeteksi.
  • Data dienkripsi yang terjadi saat Anda memproses pertukaran data seperti saat berbelanja online. Dengan begitu orang lain hanya akan melihat informasi yang terenkripsi, bukan data mentahnya.
  • Enkripsi informasi perangkat.
  • Keutuhan data atau data integrity yang akan menyelamatkan data dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Ini karena VPN akan mengirimkan data tanpa adanya manipulasi sehingga data yang diterima sama seperti data yang dikirim.

Penutupan

Dengan informasi mengenai apa itu VPN, semoga dapat menambah wawasan Anda. Namun, tetap hindari penggunaan VPN gratis yang tidak terpercaya agar data, seperti data diri Anda, tetap aman.   



Belum ada Komentar untuk "Apa Itu VPN? Pengertian, Cara Kerja & Kegunaannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel