Pengertian dan Fungsi Scanner serta Jenisnya

Scanner adalah suatu alat elektronik yang berfungsi seperti mesin mesin fotocopy. Mesin fotocopy hasilnya bisa langsung dilihat melalui kertas, sedangkan scanner hasilnya akan ditampilkan pada laya monitor komputer dahulu kemudian dapat dimodifikasi dan disimpan sesuai format yang diinginkan, seperti dokumen dan gambar. Bentuk dan ukuran dari scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran kertas folio dan berbagai macam ukuran lainnya. Dengan scanner kita dapat memindai salat satu prangkat input pada kompter, anda dapat menduplikat objek layaknya mesin fotocopy ke dalam bentuk digital.

Pengertian scanner, fungsi scanner, cara kerja scanner, dan macam-macam scanner

Sejarah Scanner

Scanner memiliki sejarah, yaitu perkembangan scanner berawal pada tahun 1975, ketika Ray Kurzweil dan timnya menciptakan Kurzweil Reading Machine beserta software Omni-Font OCR (Optical Character Recognation) Technology. Dengan berbagai kecanggihannya software ini dapat mengenali text yang ada dalam bojek yang discan dan menerjemahkannya dalam bentuk text. Semakin berkembangnya scanner sekarang ada scanner berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi.


Cara Kerja Scanner

Bagi anda yang bertanya-tanya cara kerja mesin scanner bagaimanam berikut ini ialah cara kerjanya:
  • Saat anda menjalankan scanner untuk memulai scanning yang terjadi adalah beberapa proses hingga scanner dapat menampilkan data yang di scan. 
  • Gambar atau objek yang disimpat diatas permukaan kaca pemindai, kemudian unit scanning menempatkan proses pengiriman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning.
  • Lampu yang ada discanner menandakan bahwa scanner sedang melakukan proses kegiatan scanning, jangan lakukan apapun hingga proses selesai. Setelah lampu tidak lagi menyala artinya proses scanning sudah selesai dan hasilnya bisa anda lihat di komputer. 
  • Apabila hasil scan ingin dimodifikasi anda bisa menggunakan beberapa software editor.

Komponen-Komponen Scanner:

  1. Alas Kaca
  2. Sumber Cahaya
  3. Sensor Sinar Pantulan
  4. Motor Stepper danPita Bergerigi
  5. Penutup Scanner

Fungsi Scanner 

Fungsi scanner adalah salah satu alat yang bekerja dengan meindahkan objek yang terdapat di atas lensa scanner ke dalam komputer, jadi jika diatas lensa scanner terdapat gambar atau ketas yang berisi barisan text maka kertas tersebut akan dipindahkan ke dalam komputer kita. Ada beberapa jenis ke komputer dari scanner yang paling umum dan banyak digunakan, diantaranya:
  • Jenis koneksi paralel merupakan  koneksi model lama, karena komputer yang model lama koneksinya masih paralel port.
  • Jenis koneksi usb versi 1 merupakan jenis koneksi setelah paralel port, koneksi USB 1 ini lebih cepat dari koneksi paralel port sehingga kecepatan untuk meindai objek akan lebih cepat.
  • Jenis koneksi USB versi 2 selain kecepatannya lebih cepat dari usb versi 1 dan paralel, koneksi usb versi 2 ini mulai populer karena laptop atau komputer saat ini banyak yang sudah tidak mendukung koneksi paralel port lagi.

Model dan Jenis Scanner

Scanner Model Flatbad: kertas atau objek yang diletakan tepat diatas kaca scanner, kemudian lampu dan sensor akan bergerak memindai melewati kertas atau objeknya untuk memperoleh gambar dan data. Keuntungan menggunakan scanner flatbad adalah bisa meindai objek selain kertas (suatu benda) dapat diletakan diatas kaca scanner, contohnya beberapa barang seperti handphone, jam tangan, kamera, dll.

Scanner Automatic Document Feeder (ADF): dengan menggunakan scanner model Automatic Document Feeder (ADF), anda bisa meletakan kertas pada baki atau tray lalu satu persatu kertas akan dimasukan pada bagian mekanik pemindai dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu pemindai, sensor pemindai bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut. Keuntungan yang bisa anda dapat menggunakan scanner ini adalah kecepaannya sangat tinggi, dapat mencapai 10.000 lembar per jam, kelebihan lainnya adalah dapat membacca dua sisi kertas sekaligus pada saat bersamaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel