Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install Software Melalui Terminal di Linux

Terminal Linux

Menginstall software di Linux berbeda dengan menginstall software di Windows, jika anda pengguna sistem operasi Windows anda kan menginstall software dengan cara membuka installer dari software tersebut lalu menginstalnya secara otomatis dengan menekan Next-Next hingga finish.

Di linux kita bisa menginstall software melalui software download default yang sudah ada di distro linux, seperti contohnya di Ubuntu terdapat Ubuntu Software untuk mendownload Software-Software yang ingin diinstal. Cara kedua adalah memanfaatkan terminal untuk beberapa software yang perlu di install menggunakan terminal, contohnya adalah software dengan format .deb dan tar.gz. Anda juga bisa menginstal software melalui PPA yang sudah tersedia, atau tinggal menjalankan perintah apt-get install namasoftware. Untuk lebih jelas mari kita kupas.


Cara Install Software Melalui Terminal di Linux 

Sebelum menginstall pastikan komputer anda sudah tersedia:
  1. Sistem Operasi Linux / Distro Linux
  2. Jalankan Terminal 
  3. Jaringan Internet
  4. Installer Software
Pertama-tama buka terminal dengan menekan Ctrl + Alt + T pada keyboard, lalu masuk ke root dengan menjalankan perintah "sudo su" setelah itu masukan password user Linux anda tekan enter.

sudo su linux

Berikutnya update paket Linux anda dengan menjalankan perintah "apt-get update" tunggu hingga proses update selesai.

apt-get update linux


Setelah itu kita bisa langsung menginstall software yang ingin kita install, sebagai contoh saya ingin menginstall music dan video playar yang bernama VLC maka perintah yang dijalankan adalah "apt-get install vlc" tekan y lalu masukan password Linux jika diminta dan tekan enter. Secara otomatis akan terinstall tunggu saja hingga proses berjalan dengan lancar, pastikan Linux anda sudah terkoneksi ke internet.

apt-get install linux

install software linux


Langkah berikutnya jika anda ingin menginstall software dengan format .deb maka anda perlu masuk terlebih dahulu ke direktori tempat installer software .deb tersebut tersimpan, contohnya anda ingin install software yang berada di direktori download maka perintahnya adalah "cd Downloads" lalu "dpkg -i namasoftware.deb" tekan y masukan password dan enter. Jika software tersebut berada didirektori lain ketik saja perintah "ls" maka akan muncul direkori folder yang tersedia

cara install deb di linux

Itulah cara mudah install software di terminal Linux, semoga membantu anda.