Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install Cisco Packet Tracer 7.2 di Linux (Lengkap)

Cara Install Cisco

Cisco Packet Tracer adalah sebuah aplikasi simulator jaringan cisco untuk digunakan sebagai media belajar jaringan yang dibuat oleh Cisco Systems disediakan secara gratis. Setiap user yang ingin menggunakan cisco packet tracer harus melakukan login atau guest login. Cisco packet tracer banyak digunakan untuk membangun skill untuk belajar tools jaringan dibidang cisco, dan banyak dari mereka yang mendapatkan prestasi di Cisco Networking Academy.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips cara install cisco packet tracer di linux dan semua distro yang populer seperti Ubuntu, Debian, Linux Mint dan masih banyak lagi. Karna banyak dari siswa yang menggunakan sistem operasi selain windows yaitu linux, tujuan dibuatnya artikel ini agar yang ingin belajar cisco lebih mudah di linux, hingga beberapa dari mereka mendapatkan sertifikasi Cisco Certified Network Associate (CCNA). Untuk anda yang belum daftar di Cisco Networking Academy silahkan daftar terlebih dahulu, karna link download terdapat pada situs resmi cisco dan perlu login.

Install Cisco Packet Tracer Linux

Cisco Packet Tracer tersedia untuk Linux 32 bit, disini saya mencoba menggunakan Ubuntu 18.04 LTS. Berikut ini adalah langkah-langkah cara install cisco:
  1. Pertama-tama kunjungi situs Cisco Networking Academy dan download Cisco Packet Tracer lalu login kesitus tersebut. Atau pergi ke menu Resources > Packet Tracer.  Pilih linux dan sesuaikan dengan berapa bit os linux yang anda gunakan

    Download Cisco Packet Tracer
  2. Jika anda sudah mendownload pastikan installer cisconya tersimpat di /home/user/Downloads. Berikutnya install paket yang dibutuhkan untuk menjalankan Cisco Packet Tracer agar lebih lengkap, buka terminal jalankan perintah ini:
    sudo apt install libQt5ScriptTools
  3. Berikutnya install Cisco Packet Tracer yang sudah didownload tadi, masih diterminal jalankan perintah:

    Cara install cisco di linux

    cd Downloads
    ls
    tar xf PacketTracer70_64bit_linux.tar.gz
    ls
    cd PacketTracer70
    sudo ./install
  4. Secara otomatis anda akan menginstall cisco dan akan diminta beberapa akses diterminal, tekan enter. Jika muncul seperti gambar dibawah ini ketik y lalu enter.

    langkah langkah install cisco packet tracer di linux
  5. Berikutnya kembali dimunculkan lokasi default penyimpanan cisco packet tracer seperti gambar dibawah ini, tekan enter saja.
    cara  instal cisco di linux ubuntu
  6. Terakhir tekan y jika muncul gambar seperti dibawah ini lalu enter
    berhasil instal cisco di linux
  7. Jika berhasil akan muncul pesan "Installed successfully" artinya anda sudah berhasil menginstall cisco dan tinggal menjalankannya dengan menjalankan perintah "packettracer" di terminal.
    cara membuka  Cisco Packet Tracer Linux terminal
  8. Selesai.

Cara Menggunakan Cisco

Saat cisco terbuka akan muncul tampilan netacad login, jika anda sudah mempunyai akun silahkan login. Jika ingin cepat pilih Guest Login Tetapi perlu menunggu beberapa detik sampai aplikasi terbuka.

 Cisco Packet Tracer Linux

 Cisco Packet Tracer Linux 2

Selamat anda sudah bisa menggunakan Cisco Packet Tracer dan mulai melakukan konfigurasi untuk pembelajaran dan membuat topologi jaringan. Terimakasih telah membaca artikel blog ini, semoga membantu anda.