Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install Notepad++ di Ubuntu Linux

cara install notepad++ di ubuntu linux

Notepad++ adalah software penyunting text terbaik dan kode editor yang dikembangkan untuk platform Microsoft Windows, namun sekarang Notepad++ dapat diinstal di Ubuntu melalui Ubuntu Software. Proses instalasinya cukup mudah apalagi jika anda menggunakan Ubuntu 18.04.3 LTS tidak perlu melalui terminal untuk menginstallnya. Notepad++ mendukung beberapa fitur diantaranya kode warna, merekam makro, multi-dokumen, dan masih banyak lagi. Tersedia paket snap untuk pengguna linux yang ingin menggunakan Notepad++ di komputernya, karna bila dicari disitus resmi anda tidak akan menemukan pilihan unduh untuk distribusi Linux.

Pada artikel kali ini Manglada Tech akan menunjukan langkah - langkah install Notepad++ di Ubuntu Linux, ada dua cara:
  • Menggunakan GUI
  • Menggunakan baris perintah (Terminal)

Install Notepad++ di Ubuntu Melalui GUI

Dalam langkah pertama kita akan menggunkan metode GUI untuk menginstall Notepad++ di Ubuntu. Sekarang kita akan memulai instalasinya, tekan tombol Windows pada keybord atau klik dasbor di kanan paling bawah kemudian cari Ubuntu Software dan buka.

Ubuntu Software

Ketika Ubuntu Software sudah terbuka tekan jendela pencarian dan ketik "Notepad++" jika sudah muncul paling atas tekan install. 

Install Notepad++ di Ubuntu Melalaui GUI (Ubuntu Software)

Proses Instalasi Notepad++

Tunggu sampai proses unduh benar-benar selesai, dan tekan Launch untuk membukanya. Selamat anda sudah berhasil menginstall Notepad++ melalui GUI.

Notepad++ berhasil di install

Install Notepad++ di Ubuntu Melalui Terminal 

Menginstall Notepad++ melalui metode baris perintah di terminal, seperti sudah dibawah sebelumnya Notepad++ sudah tersedia paket snap untuk pengguna Linux. 

Untuk yang belum menambahkan paket snap buka terminal Ctrl + T ketik perintah dibawah ini:

sudo apt-get install snapd snapd-xdg-open

Tekan y untuk melanjutkan penginstallan.

Install Notepad++ melalui Terminal

Dengan cara ini paket snap terbaru akan ditambah langsung ke repositori, selanjutnya jalankan perintah install Notepad++ :


sudo snap install notepad-plus-plus

Tunggu sampai proses unduh dan install selesai, untuk membuka Notepad++ melalui terminal ketik perintah "notepad-plus-plus" atau bisa mencarinya langsung seperti gambar dibawah.

membuka notepad++ melalui terminal ubuntu

instalasi notepad++ berhasil

Mudah bukan cara menginstal Notepad++ di Ubuntu Linux? masih banyak yang belum tau bahwa sekarang sudah tersedia untuk pengguna Linux dan anda dapat menginstalnya dimanapun melalui GUI atau baris perintah.

Posting Komentar untuk "Cara Install Notepad++ di Ubuntu Linux"