Perbedaan Ubuntu Desktop dan Server serta Pengertiannya

perbedaan ubuntu server dan ubuntu desktop serta pengertiannya wajib diketahui

OS (Operating System) berfungsi sebagai jembatan antara software dan hardware untuk memastikan keduanya bersinergi melakukan proses komputasi. Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux berbasis Debian,  yang banyak digunakan oleh seorang Admin Networking karna fiturnya yang power full.

Ubuntu menjadi salah satu proyek dari Debian, yang dimana Ubuntu bisa menciptakan Sistem Operasi gratis yang mudah dipakai oleh penggunanya. Ubuntu pertama kali dirilis pada tanggal 20 oktober 2004, dan Ubuntu terbagi menjadi dua yaitu Ubuntu Desktop dan Ubuntu Server. Ubuntu adalah salah satu dari sekian banyaknya distribusi Linux.

Linux bersifat Open Source dan dikembangkan oleh community yang menghargai privacy, dapat di unduh secara gratis. Kebanyakan user pengguna memilih Ubuntu karna fitur yang lengkap dan tidak perlu memiki komputer dengan spesifikasi yang tinggi untuk menjalankan Ubuntu.

Perbedaan antara kedua jenis Ubuntu ini sangat terlihat, Ubuntu Server memiliki tampilan hanya background hitam dan tulisan berwarna putih untuk memasukan perintah-perintah untuk menginstall software dan mengoperasikannya biasa disebut Command line, karna tidak menyertakan antarmuka GUI (graphical user interface). Dibawah ini adalah penjelasan dan perbedaan Ubuntu Server dan Ubuntu Desktop.

Ubuntu Server

Ubuntu Server di desain untuk di install sebagai server seperti web server atau router oleh perusahaan atau enterprise. perbedaan mendasar tidak tersedia GUI, jika anda ingin menggunakan Ubuntu Server anda harus mengerti perintah dasar ubuntu server untuk bisa mengoperasikan salah satu varian dari salah satu Linux. Bagi seorang admin networking banyak yang bisa dilakukan oleh Ubuntu Server seperti menjadikannya sebagai layanan file sharing dan masih banyak lagi.

Ubuntu Desktop

Ubuntu Desktop adalah ubuntu yang menginstall desktop gnome sehingga pengguna dapat mudah mengoperasikannya, jika anda user Windows anda tidak perlu belajar banyak lagi beberapa software yang tersedia di Windows tersedia juga di Ubuntu Desktop, namun ada beberapa software yang perlu dicari alternatifnya. Aplikasi yang diinstal di Ubuntu Server kebanyakan gratis seperti Libreoffice dan masih banyak lagi. 

Perbedaan Aplikasi Ubuntu Desktop dan Server

Jelas berbeda pengguna yang bekerja untuk server dan bukan, karna kepentingannya juga berbeda. Target pengguna dan User Interface.

Jika anda menggunakan Ubuntu Server software yang biasa diinstal dan dikonfigurasi adalah DNS Server, DHCP Server, Mail Server, FTP, dll. Jika Ubuntu Desktop anda akan disajikan aplikasi seperti Firefox, Open Office dan perlu menginstall lagi beberapa aplikasi yang ingin anda gunakan di Ubuntu Software Canter. 

Kesimpulan

Perbedaan antara Ubuntu Desktop dan Ubuntu Server memang perlu diketahui karna fungsinya berbeda, saat dicari perbedaan antara desktop dan linux bisa dilihat sangat banyak. Tapi anda bisa mencoba Ubuntu Server dengan menginstallnya di VirtualBox di Ubuntu Desktop untuk mempelajarinya lebih dalam.

Baca Juga: Konfigurasi DHCP di Ubuntu Server

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel