Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Usaha Sampingan Tanpa Modal. Layak Kamu Coba

7 Usaha Sampingan Tanpa Modal. Layak Kamu Coba

Setiap orang pasti ingin menambah penghasilan yang halal  dan banyak. Iya, kan? Salah satu cara menambah penghasilan adalah membuka usaha sampingan tanpa modal besar. Ada banyak peluang usaha sampingan tanpa modal yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah usaha sampingan di rumah tanpa modal. Bayangkan, hanya dari rumah saja, Anda berpeluang memperoleh cash lumayan dengan  modal minim.

Di luar sana banyak orang yang sukses dan berhasil mendapat cuan melimpah dan kaya dari aktifitas online. Banyak dari mereka yang memperoleh penghasilan tanpa modal bahkan dengan modal minim.

Apa memang bisa? Bagaimana caranya?

Yuk, simak sampai selesai ya. Biar nggak salah paham.

Seberapa Penting Membuka Usaha Sampingan Tanpa Modal Uang?

Banyak orang yang berpikir bahwa membuka usaha yang menghasilkan perlu modal uang yang lumayan besar. Padahal, tidak selalu begitu.

Tanpa Anda sadari, banyak usaha sampingan tanpa modal yang bisa kamu kerjakan bahkan hanya dari rumah. Mindset kaya ini penting penulis utarakan agar Anda tidak tersesat dalam pemahaman yang salah tentang bisnis.

Membuka usaha memang perlu modal tapi modal nggak selalu berupa uang. Ada banyak modal lain yang bisa Anda maksimalkan. Mulai dari skill (keterampilan) sesuai hobi yang Anda sukai.

Apakah bisa membuka usaha tanpa modal uang besar? Jawabnya bisa. Tergantung niat, tekad, kemauan dan kerja keras Anda.

Dalam  sebuah bisnis uang bukan bahan utama. Tetapi uang hanya berfungsi sebagai api. Artinya apa? Ketika Anda memasak , maka api tidak ada dalam resep tapi tanpa api masakan Anda nggak bakal matang. Ini sebuah ilustrasi sederhana agar Anda mudah paham.

Bila Anda memasak dengan api yang terlalu besar, maka kuatir masakan Anda akan hangus. Begitu juga sebaliknya, saat Anda masak dengan api yang terlalu kecil, kemungkinan besar makanannya lama banget masak nya. Pernah mengalami, kan?

Begitu juga dengan bisnis yang sedang Anda tekuni. Saat Anda memulai sebuah bisnis dengan modal yang terlalu besar tanpa dibarengi skill (keterampilan) berbisnis, maka dikhawatirkan bisnis Anda akan hancur. Bukan karena nggak ada customer (pembeli) yang datang. Tapi karena bisnis tidak jalan. Mengapa nggak jalan?

Misalnya saja, Anda buka usaha rumah makan mewah. Anda cari lokasi yang kurang strategis. Lokasinya jauh dari keramaian.   Ditambah lagi, rasa masakan yang kurang nendang. Maka customer yang datang dari jauh merasa nggak sesuai dengan ekspektasi (harapan). Apa yang akan terjadi?

Operasional rumah makan membengkak, cash operasional nggak bisa menutupi cost yang ada. Endingnya, bisa ditebak. Rumah  makan yang awalnya harus jadi sumber income malah jadi sumber masalah.

Usaha Sampingan Online Tanpa Modal

Mengapa  perlu membangun usaha sampingan online? Karena ada beberapa keuntungan:

  • Biaya murah
  • Fleksibel
  • Potensi Hasil maksimal
  • Peluang untuk di scale up

7 Usaha Sampingan Online Tanpa Modal

Sebenarnya ada banyak banget usaha sampingan online tanpa modal yang bisa Anda coba. Tetapi disini penulis hanya akan menyajikan usaha yang mengantarkan banyak orang pada sukses dan tingkat keberhasilannya tinggi. Apakah 7 usaha sampingan online tanpa modal itu? Yuk, simak ulasannya berikut ini:

  • Jasa konten media sosial
  • Peluang jasa entry data
  • Jasa admin online
  • Jual skill (keterampilan)
  • Jual dropship
  • Jasa spa bayi
  • Jasa konsultan anak

Yuk, kita ulas satu-persatu. Siapa tahu ada yang menginspirasi Anda untuk segera take action (bertindak):

Jasa Konten Sosial Media

Tanpa kita sadari, kita sedang hidup di era digital. Kita hidup di 2 dunia. Dunia nyata dan dunia maya. Hampir setiap orang mengakses dunia maya. Baik untuk hiburan, relasi, dan mencari duit. Banyak para profesional yang terjun ke dunia maya. Mereka sudah banyak penghasilan cuan dari sosial media. Ternyata, mereka nggak punya banyak waktu untuk bikin kontennya. Akhirnya, mereka melempar tugas bikin konten ini  pada jasa penyedia konten sosial media yang mulai ramai. Nah, Anda perlu menangkap peluang ini dan mencobanya.

Jasa Entry Data

Melakukan Entry data bagi sebagian orang menjemukan dan menjenuhkan. Maka mereka mencari freelancer untuk mengerjakan projek mereka ini. Anda  bisa menawarkan jasa entry data di marketplace jasa. Ada banyak situs penyedia jasa seperti ini. Misalnya, freelancer, project.co.id, sribulancer.com dan banyak lagi yang lainnya.

Jasa Admin Online

Pengusaha mau nggak mau, mereka butuh karyawan yang membantu mereka menyelesaikan pekerjaannya. Bagi pengusaha digital, mereka nggak mau keluar banyak duit hanya untuk mengelola karyawan. Apalagi bisa di freelancer kan.

Maka tenaga ini mereka ambil dari situs penyedia jasa freelancer. Salah satu peluang freelancer adalah tenaga admin. Mulai dari CS (costumer sevice), tenaga menjawab komentar dan membangun interaksi sosial media, dan lain-lain.

Jual skill (keterampilanmu)

Di era digital ini penting banget bagi Anda mempunyai skill. Tentu bukan sembarang skill tetapi skill yang banyak dibutuhkan di dunia digital dan dihargai mahal.

Apa saja skill itu? Misalnya saja, skill mendesain. Bila Anda punya kemampuan desain, maka Anda punya peluang untuk memperoleh penghasilan yang lumayan hanya dari rumah saja.

Jualan Sistem Dropship

Salah satu sumber penghasilan besar ya jualan. Tapi saat membahas jualan, orang sering takut dan beralasan nggak punya modal. Anda bisa menjajal sistem jualan yang tanpa modal. Apa itu? Jualan  pakai dropship.

Bagaimana dropship itu? Jualan dropship adalah Anda bisa jualan tanpa harus punya stok dulu. Anda cukup hubungi supplier yang punya produk. Minta gambar pada mereka. Pahami secara detail barang yang akan kamu jual.

Promosikan dagangan Anda tanpa ragu dan malu ke sosial media atau marketplace. Saat ada pesanan kamu lempar order ini ke supplier. Anda memperoleh keuntungan dari selisih harga supplier ke customer yang beli ke Anda. Sederhana banget, kan?

Jasa Konsultan Anak

Jasa konsultan anak? Peluang apa ini? Iya, jasa konsultan anak lagi naik daun dan banyak orang butuhkan. Bayangkan saja, di era internet ini banyak orang tua yang merasa galau. Betapa tidak, anak anak lebih banyak main hp, game dan Youtube dari pada belajar.

Orang tua butuh solusi bagaimana anak-anaknya bisa normal dan nggak kecanduan internet. Nah, ini salah satu peluang yang bisa kamu ambil segera. Jasa konsultan anak termasuk  salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga tanpa modal yang bisa Anda pertimbangkan.

Jasa SPA Bayi

Hampir tiap hari ada anak bayi yang lahir. Tiap orang tua pasti menyayangi putra-putrinya. Banyak sekali biaya perawatan yang orang tua anggarkan untuk anak bayinya. Salah satunya adalah biaya pijat bayi.

Sekarang lagi trend pijat bayi dengan model SPA. Jadi bayi dipijat seluruh tubuhnya tapi nggak sampai menangis. Mereka malah merasa senang dan bahagia.

Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk segera melatih diri Anda. Berlatihlah terus sampai Anda menjadi seorang yang ahli (expert) secara alam bawah sadar dalam merawat bayi.

Kesimpulan

Uang adalah kebutuhan penting setiap manusia. Ada banyak cara agar Anda bisa memperoleh uang dengan cara yang benar dan halal. Salah satunya adalah mencari peluang usaha sampingan tanpa modal. Sebenarnya mencari uang tanpa modal uang bisa tapi perlu waktu.

Ada banyak cara agar Anda bisa memperoleh uang tanpa modal seperti yang sudah penulis ulas panjang lebar di atas. Kata kunci agar bisa sukses membangun usaha sampingan online adalah niat kuat, komitmen, pantang menyerah, terus belajar dan mau memperbaiki diri. 



Posting Komentar untuk "7 Usaha Sampingan Tanpa Modal. Layak Kamu Coba"